BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Raih Omset hingga Puluhan Miliar, Intip 3 Kreator yang Pecahkan Rekor Penjualan Live Shopping di TikTok Shop

Kompas.com - 02/09/2023, 14:30 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki tahun ketiga beroperasi di Indonesia, platform social e-commerce TikTok Shop berkomitmen menghadirkan pengalaman belanja yang menghibur sekaligus aman dan nyaman bagi para merchant, kreator, serta komunitas TikTok di Tanah Air.

Berdasarkan data internal TikTok Shop, sedikitnya satu dari tiga pengguna TikTok pernah membeli produk melalui TikTok Shop. Adapun fitur LIVE Shopping pada aplikasi TikTok tercatat sebagai salah satu fitur favorit konsumen untuk melakukan transaksi.  

LIVE Shopping disukai konsumen karena menghadirkan interaksi secara real-time dengan para merchant yang dikemas apik dan berkonsep shoppertainment.

Untuk diketahui, konsep shoppertainment merupakan gabungan antara aktivitas hiburan dan berbelanja. Konsep ini sekarang sedang naik daun dan dimplementasikan melalui live shopping.

Tidak hanya membantu para merchant, live shopping juga memberikan banyak keuntungan bagi para kreator yang bertindak sebagai affiliate

Baca juga: Sukses Raih Rekor Penjualan Live Shopping Rp 15 Miliar, Ini Kisah Perjalanan Kreator Affiliate TikTok Mami Louisse

Pasalnya, selain membantu para kreator membangun hubungan (engagement) dengan para audiens TikTok, kehadiran fitur live shopping juga membuka peluang baru bagi mereka untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Hal tersebut terjadi karena sebagai affiliate, para kreator turut membantu mempromosikan serta menjual produk brand di TikTok Shop. Kreator konten akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang mereka promosikan di TikTok.

Nah, baru-baru ini, tiga kreator TikTok bahkan berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi dalam live shopping di TikTok Shop.

Lantas, siapa saja tiga kreator TikTok tersebut? Berikut kisah sukses mereka.

1. Dokter Richard Lee raih penjualan Rp 41 miliar

Raja kreator kecantikan, dr Richard Lee, tercatat sebagai kreator pertama di Asia Tenggara yang berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi melalui live shopping di TikTok Shop.

Baca juga: Antipanik Hadapi Pesanan di Musim Belanja, Simak 3 Tip dari Penjual di TikTok Shop

Sebagian besar masyarakat di Tanah Air tentu sudah mengenal sosok dr Richard. Dokter kelahiran Medan ini merupakan kreator konten yang aktif memberikan edukasi dan ulasan produk perawatan kecantikan lewat akun TikTok miliknya @drrichardlee.

Baru-baru ini, dr Richard mencetak rekor sebagai salah satu konten kreator teratas di Asia Tenggara yang berhasil mendapatkan penjualan senilai Rp 41 miliar dalam sesi live shopping selama 23 jam tanpa henti.

Pada sesi live shopping di platform TikTok pada Jumat (18/8/2023), dokter Richard didukung istrinya, dr Reni Effendi, serta sejumlah selebritas, seperti Inara Rusli, Inge Anugrah, dan Lady Nayoan Kjaernett.

Adapun sesi live shopping tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-10 brand kecantikan miliknya.

"Untuk menjangkau lebih banyak pengguna di TikTok, kami live shopping selama 23 jam nonstop secara bergantian dengan menghadirkan sesi live yang interaktif dan menarik. Pastinya kami selalu senang ketika bisa memberikan product knowledge kepada penonton," ujar dr Richard dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/9/2023).

Baca juga: Gelar LIVE Universe, TikTok Hadirkan Panggung Kolaborasi Akhir Tahun Terbesar bagi LIVE Kreator TikTok

Keberhasilan dr Richard membuktikan bahwa konsistensi dalam mengejar passion dapat membawa kebahagiaan serta kesuksesan.

Meski berasal dari keluarga kurang berkecukupan, ia bertekad membantu masyarakat Indonesia memahami manfaat dari produk perawatan dan kecantikan melalui konten kreatif serta ulasan yang obyektif.

Setelah bergabung dalam live shopping TikTok Shop pada Januari, dr Richard terus mengoptimalkan fitur TikTok. Ia pun berhasil masuk dalam daftar Top 10 konten kreator dengan penjualan terbesar pada Juli setelah berpartisipasi dalam kampanye TikTok Shop.

Mami Louisse berhasil memecahkan rekor penjualan produk lokal hingga Rp 45 miliar dalam satu hari pada live shopping selama 26 jam pada Selasa (29/8/2023). Ia pun tercatat sebagai kreator pertama di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, yakni mencapai 232.400 pesanan. Dok. TikTok Mami Louisse berhasil memecahkan rekor penjualan produk lokal hingga Rp 45 miliar dalam satu hari pada live shopping selama 26 jam pada Selasa (29/8/2023). Ia pun tercatat sebagai kreator pertama di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, yakni mencapai 232.400 pesanan.

2. Mami Louisse capai rekor Rp 45 miliar

Selain dr Richard Lee, ada pula the #RatuAffiliate Louisse Scarlett @Louissescarlettfamily atau yang dikenal Mami Louisse.

Ia merupakan kreator affiliate TikTok yang interaktif dan kreatif dalam mengemas setiap konten yang dibuatnya. Termasuk video singkat dan live.

Baca juga: Jadi TikTok Local Heroes 2022, Ini Cerita Menarik di Balik Pandawara Group

Dalam sesi live shopping di platform TikTok Shop, ia berhasil memecahkan rekor penjualan produk lokal hingga Rp 45 miliar dalam satu hari.

Capaian tersebut mencatatkan dirinya sebagai kreator pertama di Asia Tenggara dengan jumlah pesanan terbanyak dalam satu sesi live shopping, yakni mencapai 232.400 pesanan.

Prestasi tersebut berhasil diraih pada acara live shopping "Gebrakan by Mami Louisse!" yang berlangsung selama 26 jam pada Selasa (29/8/2023).

Mami Louisse bersama tim secara bergantian menampilkan produk kecantikan terbaik. Pada sesi kali ini, ia bekerja sama dengan beragam brand kecantikan lokal serta menawarkan diskon hingga 50 persen dan bebas ongkos kirim (ongkir) bagi seluruh pengguna.

"Mami enggak nyangka banget apa yang Mami lakukan bersama tim dan brand yang berkolaborasi bisa meraih pencapaian sebesar ini. Mami sangat senang ketika bisa menjawab pertanyaan dari pengguna TikTok yang butuh informasi akan produk-produk kecantikan dan perawatan diri mereka,” kata Mami Louisse.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Berikut Kebutuhan Elektronik Penunjang Liburan yang Bisa Dibeli di TikTok Shop Grand Sale 12.12 Beserta Promonya

Ia pun berkomitmen berupaya memberikan harga terbaik untuk seluruh penonton setianya di platform TikTok.

Mami Louisse pun menceritakan pengalamannya dalam meraih kesuksesan yang tidak diperoleh dengan mudah.

“Awalnya, Mami Louisse bergabung dengan TikTok sebagai pengguna untuk mengunggah video sehari-hari tentang informasi parenting serta perjalanan pemulihan buah hatinya yang didiagnosis pneumonia dan laringomalasia,” tuturnya.

Ia mengatakan, tidak menyerah dan tidak mudah puas menjadi salah satu kunci dirinya mencapai keberhasilan.

Dirinya tertarik bergabung dengan TikTok Shop karena ingin mendukung brand lokal, khususnya produk kecantikan berkualitas agar lebih dikenal.

Baca juga: Ingin Jadi TikTok Affiliate? Begini Cara Kerja dan Komisi yang Bisa Didapat

Berkat upaya yang telah dilakukan, Mami Louisse berhasil membawa dirinya digemari masyarakat Indonesia. Alhasil, followers akun TikTok-nya terus bertambah hingga 6,9 juta pengikut.

“Mami Louisse terus mengembangkan kreativitas. Salah satunya, dengan selalu memasukkan segmen interaktif dengan para pengguna TikTok yang menonton,” katanya.

Kreator affiliate Kohcun @kohcun berhasil meraih penghasilan terbesar yang pernah diraih sebagai kreator affiliate di kategori elektronik sebesar Rp 21 miliar pada sesi i live shopping di TikTok Shop.Dok. TikTok Kreator affiliate Kohcun @kohcun berhasil meraih penghasilan terbesar yang pernah diraih sebagai kreator affiliate di kategori elektronik sebesar Rp 21 miliar pada sesi i live shopping di TikTok Shop.

3. Raja elektronik Kohcun raih Rp 21 miliar

Tidak kalah menarik, kreator affiliate Kohcun @kohcun juga ikut menjadi inspirasi kreator lainnya melalui live shopping di TikTok Shop.

Dalam momentum menyambut hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI), Kohcun mengadakan sesi live spesial mengusung tema "Hak Istimewa Warga Kohcun".

Pada sesi live tersebut, ia beserta timnya memamerkan produk-produk unggulan, mulai dari smartphone, aksesoris elektronik, hingga peralatan rumah tangga. Ia pun menawarkan diskon hingga 80 persen, serta gratis ongkir ke seluruh Indonesia selama 24 jam penuh.

Baca juga: Kreator Konten Asia Tenggara Berbagi Kisah Inspiratif di TikTok For You Stage

Ia pun berhasil meraih penghasilan terbesar yang pernah diraih sebagai kreator affiliate di kategori elektronik sebesar Rp 21 miliar.

"Saya tidak pernah menyangka bahwa melalui TikTok Shop bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan produk elektronik terbaik. Saya juga mengapresiasi seluruh tim yang bergantian selama live streaming hingga kami berhasil mencapai prestasi ini," kata Kohcun.

Untuk diketahui, Kohcun pernah bekerja sebagai penjaga counter handphone di Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut).

Momentum tersebut merupakan awal mula dirinya tertarik pada dunia elektronik, khususnya smartphone.

Sejak saat itu, ia getol membuat konten video ulasan guna memberikan edukasi kepada calon pelanggannya dengan cara yang mudah dipahami.

Baca juga: Serunya Kolaborasi Kreator Konten dan Musisi se-Asia Tenggara di TikTok For You Stage

Seiring dengan perkembangan TikTok Shop, Kohcun pun tertarik untuk bergabung pada e-commerce yang terintegrasi dengan TikTok ini pada 2021.

Kohcun sendiri merupakan kreator angkatan pertama affiliate di TikTok Shop. Ia berhasil meningkatkan penjualannya melalui interaksi langsung dengan penonton yang dikenal sebagai Warga Kohcun dalam sesi live shopping-nya.

Itulah tiga kreator TikTok yang berhasil meraih cuan maksimal dalam sesi live shopping di TikTok Shop.

Selain membantu rekan-rekan kreator untuk mendapatkan penghasilan, TikTok Shop juga memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna. Mulai dari menemukan produk, check-out, dan pengecekan pengiriman, seluruhnya dapat dilakukan dengan mudah di aplikasi TikTok.

Terlebih, dengan adanya shoppertainment yang mengedepankan konten hiburan baru berbelanja, para pegiat usaha mulai dari skala kecil hingga besar berkesempatan untuk meningkatkan penjualan secara langsung melalui video pendek dan live streaming.

Baca juga: Tips Berjualan di TikTok Shop bagi UMKM

Tidak hanya itu, TikTok Shop juga secara konsisten memberikan dukungan komprehensif kepada para pedagang, termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Adapun dukungan yang diberikan di antaranya menjalankan orientasi, inkubasi, serta berbagai program yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis mereka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai TikTok Shop, Anda dapat mengakses website TikTok Shop Indonesia di https://shop.tiktok.com/merchant/id.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com