BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Antipanik Hadapi Pesanan di Musim Belanja, Simak 3 Tip dari Penjual di TikTok Shop

Kompas.com - 27/06/2023, 16:52 WIB
Anissa DW,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Festival belanja online di tanggal kembar, seperti 6.6 atau 7.7, menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak konsumen. Pasalnya, pada momen ini, konsumen bisa membeli berbagai produk dengan diskon atau harga yang lebih miring ketimbang biasanya.

Momen tanggal kembar juga ditunggu oleh para penjual online. Sebab, kampanye tanggal kembar biasanya bisa mengatrol angka penjualan hingga beberapa kali lipat.

Hal itu terbukti dari kampanye Happy Big Day 6.6 yang diselenggarakan TikTok Shop pada 2-6 Juni 2023. Kampanye ini mendapat antusiasme tinggi dari pengguna yang terlihat dari peningkatan angka penjualan.

Pada kampanye itu, total penjualan online di TikTok Shop meningkat hingga lebih dari 160 persen, khususnya di puncak kampanye, dan pemesanan naik dua kali lipat jika dibandingkan periode sebelumnya. Adapun produk fesyen, kecantikan dan perawatan kulit, serta gadget, merupakan produk yang paling banyak dibeli.

Capaian tersebut tidak lepas dari strategi pemasaran dan persiapan yang matang dari para penjual. Selain menggunakan pendekatan shoppertainment yang menggabungkan antara konsep hiburan dan pengalaman belanja di berbagai konten, para penjual TikTok Shop juga melakukan sejumlah penyesuaian agar kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Berikut adalah tiga strategi yang dijalankan para penjual di TikTok Shop pada kampanye Happy Big Day 6.6 untuk meningkatkan penjualan.

1. Berani ambil risiko

Kecepatan mendapatkan barang kerap menjadi salah satu pertimbangan pelanggan saat hendak membeli barang secara online. Tidak jarang, pelanggan rela membayar lebih mahal demi bisa mendapatkan pesanannya lebih cepat.

Hal tersebut disadari oleh salah satu penjual produk gadget dan elektronik di TikTok Shop, Milano Cell. Melihat permintaan produk yang cukup tinggi, terutama menjelang musim liburan, Milano Cell mengambil langkah strategis dengan membeli suplai produk dalam jumlah banyak dari distributor.

Langkah tersebut diambil bukan tanpa perhitungan. Milano Cell berani menyetok produk dalam jumlah lebih banyak karena telah membangun reputasi baik di TikTok Shop. Dengan demikian, loyalitas pelanggan lama terjaga dan calon pelanggan percaya sehingga memutuskan membeli gadget.

Penjual produk gadget dan elektronik di TikTok Shop, Milano Cell, berhasil mencetak penjualan hingga lebih dari Rp 2 miliar pada kampanye Happy Big Day 6.6. dok. TikTok Penjual produk gadget dan elektronik di TikTok Shop, Milano Cell, berhasil mencetak penjualan hingga lebih dari Rp 2 miliar pada kampanye Happy Big Day 6.6.

"Keputusan membeli suplai yang banyak dari distributor membantu kami memastikan bahwa pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan produk impian mereka. Dibantu dengan fasilitas pengiriman dari TikTok Shop yang semakin singkat waktu tunggunya, hal ini membuat pelanggan puas berbelanja di TikTok Shop kami,” ungkap perwakilan Milano Cell dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Selain itu, imbuhnya, karena membeli dalam jumlah banyak, Milano Cell dapat menawarkan harga yang cukup bersaing kepada pelanggan. Cara ini berhasil membantu Milano Cell mencetak penjualan hingga lebih dari Rp 2 miliar.

2. Perpanjang waktu LIVE Shopping

Salah satu fitur yang digunakan banyak penjual untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan adalah livestream atau LIVE Shopping.

Pasalnya, sesi LIVE Shopping yang dikemas secara interaktif dan seru serta menghibur dapat mendorong penonton untuk berbelanja. Terlebih, menonton LIVE Shopping bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat waktu istirahat.

Untuk menjangkau lebih banyak audiens, para penjual kerap kali menambah waktu sesi LIVE Shopping agar bisa dilihat oleh beragam calon pelanggan. Salah satu penjual di TikTok Shop yang menerapkan strategi ini adalah Hansya Grosir Hijab yang fokus menghadirkan produk hijab.

Hansya Grosir Hijab berhasil meningkatkan penjualan produknyaselama periode kampanye 6.6 hingga lebih dari Rp 2 miliar. dok. TikTok Hansya Grosir Hijab berhasil meningkatkan penjualan produknyaselama periode kampanye 6.6 hingga lebih dari Rp 2 miliar.

"Dengan menambah waktu LIVE Shopping, berarti kami juga perlu lebih kreatif dalam menghadirkan kontennya. Tidak melulu langsung mengarahkan (calon pembeli) ke keranjang kuning, tetapi bisa lebih memberikan tip, try-on, dan interaksi lain,” ujar perwakilan dari Hansya Grosir Hijab.

Menurutnya, berbagai gimmick marketing yang difasilitasi oleh TikTok Shop, seperti Flash Sale dan Gratis Ongkir, juga membantu meningkatkan penjualannya. Hasilnya, selama periode kampanye 6.6, total produk hijab Hansya Grosir Hijab yang terjual mencapai angka lebih dari Rp 2 miliar.

3. Perluas jangkauan dengan program affiliate

Affiliate merupakan program yang menghubungkan penjual dengan kreator konten yang bertugas mempromosikan suatu produk lewat konten promosi. Nantinya, para kreator affiliate mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual melalui konten tersebut.

Program itu bermanfaat bagi penjual yang belum memiliki banyak resources untuk berjualan atau melakukan LIVE Shopping. Sebab, kehadiran kreator affiliate bisa membantu menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

Terdapat banyak cara agar penjual dapat terkoneksi dengan kreator affiliate. Sebagai contoh, penjual bisa memanfaatkan Creators Marketplace yang disediakan oleh TikTok, bekerja sama dengan TikTok Shop Partner, atau menghubungi langsung para affiliate. Bahkan, tidak jarang para kreator affiliate justru mendekati penjual lebih dulu.

Meski begitu, perwakilan AFN95 Store asal Bandung yang fokus menghadirkan produk baju rajut untuk perempuan mengatakan, pemilihan kreator affiliate harus dilakukan secara saksama dan perlu diseimbangkan dengan penjualan melalui akun sendiri.

“Pendampingan dari Account Manager TikTok Shop sangat membantu untuk menentukan kreator affiliate yang cocok dengan produk kami. Dengan begitu, kami bisa menjangkau audiens yang tidak hanya lebih luas, tetapi juga tepat sasaran," katanya.

Itulah tiga tip dari para penjual TikTok Shop yang sukses meningkatkan penjualannya selama periode kampanye 6.6. Para penjual yang sedang mempersiapkan diri menghadapi momen pesta belanja dapat mencoba mempraktikkan tip tersebut.

Sebagai informasi, TikTok Shop terus membuka kesempatan bagi para penjual untuk berpartisipasi dalam berbagai program kampanye, termasuk kampanye 7.7 yang akan segera berlangsung.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang cara menjadi penjual di program kampanye belanja 7.7 TikTok Shop, silakan kunjungi situs TikTok Shop. Jangan lupa pantau juga akun @tiktokshop_id untuk mengetahui kabar terbaru dari TikTok Shop.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com