Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timor Leste Gabung ASEAN, Xanana Gusmao: Investasi Akan Meningkat

Kompas.com - 04/09/2023, 13:19 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menilai keanggotaan penuh ASEAN menjadi sangat penting bagi negaranya. Pasalnya, status anggota penuh ASEAN dapat menjadi jaminan bagi para calon investor asing.

Gusmao menyebutkan ASEAN saat ini sudah menjadi kekuatan besar ekonomi global. Hal ini terefleksikan dari nilai ekonomi ASEAN yang telah mencapai 2,3 triliun dollar AS dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 600 juta jiwa.

"ASEAN telah muncul sebagai pendorong penting bagi perekonomian global," ujar dia dalam pembukaan ASEAN Business & Investment Summit day 2, di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca juga: Hadiri ASEAN Business and Investment Summit 2023, Mendag Zulhas: Kolaborasi adalah Kunci

Oleh karenanya, Timor Leste mendorong hubungan baik dengan ASEAN. Gusmao menyebutkan, lewat status keanggotaan penuh ASEAN, Timor Leste akan dapat menarik investasi asing langsung.

"Dengan menjadi anggota ASEAN kita dapat meningkatkan kesejahteraan bisnis dan kepercayaan yang dapat meningkatkan investasi di Timor Leste," kata Gusmao.

Menurutnya, ASEAN telah bertransformasi dari negara-negara yang sebelumnya rentan terhadap konflik, menjadi suatu kawasan yang lebih stabil. Hal ini bahkan dinilai belum dapat direplikasi oleh kawasan negara berkembang lain, seperti Afrika.

Baca juga: Catat, Jadwal Operasional MRT Jakarta Selama KTT ASEAN

Stabilnya ASEAN tidak terlepas dari pendekatan yang dilakukan, yakni pendekatan yang mengedepankan kemanusiaan dan toleransi. Di tengah upaya penguatan kawasan, ASEAN tidak melakukan intervensi terhadap kondisi negara anggota.

"Sementara begitu banyak negara berjuang untuk mendapatkan stabilitas ASEAN memberikan contoh tentang bagaimana suatu emerging ekonomi bisa memberikan manfaat bagi warga negaranya," ucap Gusmao.

Pada kesempatan yang sama, Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyebutkan, Timor Leste merupakan mitra yang sangat dekat bagi ASEAN. Oleh karenanya, hubungan yang lebih baik dengan negara tersebut menjadi penting untuk memenuhi kesejahteraan kawasan.

"Sekarang kita lihat bagaimana ASEAN Matters untuk Timor Leste. Ini bagus untuk pertumbuhan ekonomi global," ucapnya.

Baca juga: Perjalanan Panjang Kerja Sama Ekonomi ASEAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com