Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu CEO: Pengertian, Peran, Tugas, dan Gajinya

Kompas.com - 18/09/2023, 22:21 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comCEO adalah posisi yang sangat penting dan memiliki dampak besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Salah satu tugas dari CEO adalah bertanggung jawab untuk mengambil keputusan yang penting bagi perusahaan. 

Apa itu CEO

CEO singkatan dari Chief Executive Officer. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, CEO adalah posisi tertinggi dalam hierarki manajemen.

CEO adalah individu yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis, pengelolaan operasional, dan kinerja keseluruhan perusahaan.

Baca juga: Ombudsman RI Beberkan 3 Penyebab Harga Beras Mahal

Tugas utama seorang CEO adalah memimpin perusahaan menuju pencapaian tujuan dan visi perusahaan.

Di Indonesia, CEO adalah kerap kali disamakan dengan jabatan direktur utama atau presiden direktur. Sebagai nahkoda perusahaan, CEO memikul tanggung jawab terhadap jalannya perusahaan secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, CEO adalah wajah bagi perusahaan yang mengomunikasikan visi perusahaan kepada publik atau pemerintah.

CEO adalah jabatan yang langsung dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham. Meski dalam beberapa kasus, pemilik perusahaan seringkali juga merangkap sebagai CEO.

Baca juga: Kementerian ESDM: Pemerintah Tak akan Alihkan Subsidi Energi Fosil ke Energi Terbarukan

Pada perusahaan besar, CEO umumnya hanya memiliki urusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi saja dan semua hal yang berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhannya.

Misalnya, CEO akan merencanakan strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen tingkat atas.

Sementara itu pada perusahaan yang lebih kecil, CEO seringkali memiliki peran yang lebih aktif dan ikut terlibat dengan fungsi sehari-hari perusahaan tersebut. CEO akan ikut terlibat dalam perekrutan staf serta ikut membantu proyek bisnis yang terhitung kecil.

Akan tetapi, pada dasarnya, CEO memang lebih banyak terlibat pada hal-hal yang sifatnya strategis seperti rapat dengan direksi atau rapat penting lainnya.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Sempat Mati Listrik, AirNav: Tidak Ada Penerbangan yang Terganggu

Peran CEO dalam perusahaan

Dalam aktivitas bisnis, seorang CEO diberikan kepercayaan untuk mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting dan bertindak sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi sekaligus para pemegang saham.

Selain itu, CEO memiliki peran yang bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya dan bergantung pada ukuran perusahaan, budaya hingga struktur perusahaan tersebut.

Dilansir dari Gramedia.com, CEO tidak hanya memiliki tanggung jawab yang besar, tetapi juga memiliki peran besar terhadap perkembangan dari perusahaan. Adapun peran dari seorang CEO adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tekan Korupsi, Pemerintah Segera Serahkan RUU Pengadaan Barang dan Jasa ke DPR

1. Merancang tujuan bisnis

Peran pertama dari seorang CEO adalah menyusun rencana bisnis perusahaan dan mengevaluasi profitabilitas dari rencana bisnis tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com