Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

BRI Insurance Terima Penghargaan dari Insurance Award 2023

Kompas.com - 19/09/2023, 20:48 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - BRI Insurance (BRINS) menerima penghargaan dari Insurance Award 2023. Penganugerahan diterima Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko BRINS Heri Supriyadi pada Senin (18/9/2023).

Adapun penghargaan yang diterima oleh BRI Insurance, yaitu pada kategori “Best General Insurance 2023 Kelompok Ekuitas Rp 1,5 Triliun ke Atas” dan “Best General Sharia Insurance Business unit 2023 Kelompok Ekuitas Rp 25 Miliar - Rp 100 Miliar”.

Raihan prestasi BRI Insurance mengukuhkan perusahaan tersebut berkomitmen dan sesuai dengan visinya, yaitu sebagai Perusahaan Asuransi Kerugian yang tepercaya dan andal untuk solusi perlindungan kepada masyarakat.

Baca juga: BRI Insurance Manado Gelar Transplantasi Terumbu Karang di Taman Nasional Bunaken

Sebagai informasi, Insurance Award 2023 yang diselenggarakan oleh Media Asuransi tersebut memberikan penghargaan kepada 44 perusahaan asuransi dan reasuransi yang telah berhasil mencatatkan kinerja terbaiknya sepanjang 2022.

Penghargaan diserahkan kepada perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi, asuransi syariah full fledged jiwa dan umum, dan unit syariah jiwa, umum, dan reasuransi yang sudah berhasil meraih kinerja terbaik dari kompetitornya di masing-masing kelompok.

“Tahun 2023 ini ada 18 kategori atau kelompok yang menerima Insurance Award 2023 Media Asuransi, dan terdapat sebanyak 44 perusahaan penerima Best Insurance Award 2023,” ujar Pemimpin Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), Mucharor Djalil, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/9/2023).

Ia juga mengatakan bahwa keputusan yang diambil dewan juri pada penyelenggaraan Insurance Award ini tidak mudah.

Sebab, ada beberapa pertimbangan dan penilaian yang kompetitif pada perusahaan-perusahaan di industri asuransi Indonesia.

Baca juga: BRI Insurance Raih Penghargaan TJSL Award 2023

“Tapi bersyukur, dewan juri dapat melaluinya walaupun harus melalui perdebatan cukup alot, karena harus mempertanggung jawabkan keputusan-keputusan yang diambil,” tambahnya.

Untuk bisa menentukan ke-44 pemenang tersebut, seperti tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Riset Media Asuransi sebagai unit kegiatan riset dari Media Asuransi melakukan kajian atas kinerja keuangan perusahaan jiwa, asuransi umum, reasuransi, asuransi dan reasuransi syariah serta unit syariah asuransi.

Hasil kajian LRMA atas laporan keuangan publikasi periode kinerja 2021-2022 tersebut selanjutnya dipresentasikan di depan dewan juri Insurance Award 2023 Media Asuransi untuk memperoleh persetujuan.

Adapun penentuan penghargaan dalam kategori Best Insurance, dan Best Sharia Insurance untuk perusahaan asuransi oleh Dewan Juri Insurance Award 2022 berdasarkan dua indikator berikut.

Pertama, indikator penilaian asuransi uum dan reasuransi, yakni pertumbuhan premi neto, pertumbuhan hasil underwriting, rasio beban, pertumbuhan hasil investasi, rasio kecukupan investasi, pencapaian risk based capital (RBC) terhadap batas minimum, total aset turn over (TATO), dan return on equity (ROE).

Kedua, indikator penilaian reasuransi dan suransi syariah meliputi pertumbuhan kontribusi, pertumbuhan surplus underwriting dana, pertumbuhan hasil investasi, pertumbuhan laba bersih perusahaan, rasio solvabilitas dana terbaru terhadap solvabilitas minimum, rasio solvabilitas dana perusahaan terhadap solvabilitas minimum, ROE, pertumbuhan aset gabungan, dan rasio kualitas aset gabungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com