Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri PUPR: Saya Akan Jadi Salah Satu yang Pertama Tinggal di IKN

Kompas.com - 24/09/2023, 19:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut dirinya akan menjadi salah satu pihak pertama yang pindah dan tinggal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN (Kawasan Titik Nol Nusantara) pada 22 September 2023. Pada acara itu hadir pejabat pemerintah lainnya hingga influencer yang berkemah di IKN.

Basuki mengatakan, saat ini progress pembangunan IKN Nusantara sudah sekitar 40 persen, dan pada tahun 2024 secara bertahap pemerintahan akan pindah ke IKN.

"Pada tahun 2024 nanti, saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal di sini," ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (24/9/2023).

Baca juga: Jokowi: Investasi di IKN Tidak akan Sia-sia

"Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar, tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni," tambah Basuki.

Saat ini, Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2 jam.

Nantinya, setelah jalan tol tersambung, maka diperkirakan waktu tempuh Balikpapan ke IKN Nusantara hanya sekitar 30-45 menit.

Basuki mengatakan, pembangunan IKN Nusantara yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR ini ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.

Kementerian PUPR bertugas membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain.

Baca juga: Konstruksi Bandara VVIP IKN Direncanakan Dimulai 1 November 2023

"Ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia," kata dia.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa telah dilakukan groundbreaking pembangunan hotel, rumah sakit dan training center Timnas Indonesia yang berada di IKN Nusantara.

Dia pun mengapresiasi seluruh pekerja konstruksi yang telah bekerja terus-menerus untuk segera menyelesaikan pembangunan IKN. Ia bilang, IKN dibangun sekaligus untuk generasi muda dan menyambut Indonesia Emas 2045.

"Dan kita harapkan tahun depan kita sudah bisa upacara 17 Agustus di IKN Nusantara," kata Jokowi.

Baca juga: Ditargetkan Rampung Maret 2024, Pembangunan Istana Presiden di IKN Sudah 38 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com