Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub: Sejauh Ini Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Berjalan Lancar

Kompas.com - 25/09/2023, 20:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah hampir berakhir pada 30 September mendatang. Uji coba operasional terbatas ini merupakan tahapan akhir persiapan kereta cepat untuk diresmikan pada 1 Oktober 2023.

Adapun uji coba operasional terbatas untuk masyarakat telah dilakukan sejak 15 September kemarin untuk masyarakat sekitar proyek dan 18 September untuk masyarakat umum. Sebelum itu, kereta cepat juga dioperasionalkan secara terbatas untuk peserta undangan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, sejauh ini uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung berjalan dengan lancar. Hal ini berdasarkan evaluasi dari Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub selama uji coba kereta cepat dilaksanakan.

"Sejauh ini dari pengawasan Kemenhub melalui DJKA, uji coba berjalan lancar," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (25/9/2023).

Baca juga: Warga: War Tiket Uji Coba Kereta Cepat Tak Sesulit Berburu Tiket K-Pop

Namun DJKA Kemenhub hingga saat ini masih belum menerbitkan izin operasional Kereta Cepat. Adita pun belum dapat memastikan izin operasional bisa terbit pada pekan ini, mengingat September 2023 berakhir Sabtu depan.

"(Penerbitan izin operasi kereta cepat) Masih dalam proses. Dalam waktu dekat diterbitkan. Ditunggu saja ya," kata Adita.

Kendati demikian dia memastikan, sampai saat ini tanggal operasional komersial (Commercial Operation Date/COD) kereta cepat masih sesuai target awal, yakni 1 Oktober 2023.

"Hingga saat ini (COD) masih belum ada perubahan," ucapnya.

Baca juga: Cerita Peserta Uji Coba Kereta Cepat: Susah-susah Dapat Tiket Malah Ketinggalan Kereta

Kemenhub juga masih belum ada rencana untuk memperpanjang masa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung untuk masyarakat sampai bulan depan. Artinya, uji coba gratis ini hanya sampai 30 September 2023.

"Mengenai perpanjangan (masa uji coba gratis), perlu dilakukan pembahasan dl dengan semua pihak. Sampai saat ini masih sesuai rencana sampai 30 September," tuturnya.

Baca juga: Animo Masyarakat Tinggi, Masa Uji Coba Kereta Cepat Gratis Bakal Diperpanjang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com