Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link "War" Tiket Gratis Kereta Cepat yang Dibuka Sore Ini

Kompas.com - 02/10/2023, 15:27 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan membuka pendaftaran Whoosh Experience Program pada Senin (2/10/2023) sore. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat mengikuti pendaftaran.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pendaftaran akan dilakukan secara online melalui website resmi KCIC.

"Untuk mekanismenya kita akan mengajak kembali mendaftarkan secara mandiri melalui website KCIC. Rencananya hari ini akan kita buka sore ini untuk websitenya sehingga masyarakat bisa melakukan pemesanan secara mandiri untuk mengikuti Whoosh Experience Program ini," ujarnya saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023).

Baca juga: Kereta Cepat Diresmikan Hari Ini, Luhut Curhat Sempat Banyak Kendala Selama Proses Pembangunannya
Eva menjelaskan, promo tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini dibuka agar masyarakat bisa mengikuti alur perjalanan menggunakan kereta cepat di kondisi normal.

Pasalnya, pada masa uji coba gratis kemarin masyarakat masih menggunakan mekanisme untuk uji coba yang berbeda dengan kondisi normal.

"Kemarin kan pada saat uji coba operasional itu hanya pendataan nama kemudian dimasukkan data melalui website KCIC. Nah pada saat di masa program untuk Whoosh Experience Program ini kita akan mengajak masyarakat mengikuti proses bisnis yang normal. Misalnya pada saat akan menuju kereta itu harus melalui gate dan harus menggunakan tiket," jelasnya.

Baca juga: Cara Naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Gratis Sampai Pertengahan Oktober 2023

Adapun pelaksanaan promo tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan dimulai pada Selasa (3/10/2023) besok hingga pertengahan Oktober 2023.

KCIC akan menyiapkan total 8 perjalanan setiap harinya dengan 4 perjalanan dari Stasiun Halim dan 4 perjalanan dari Stasiun Tegalluar seperti saat uji coba gratis sebelumnya. Namun untuk jadwal keberangkatan akan berbeda dengan saat uji coba gratis.

Sementara untuk kuota penumpang selama promo tiket gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sekitar 4.800 kursi setiap harinya dengan kuota untuk satu perjalanan sebanyak 600 kursi.

Baca juga: Tiket Kereta Cepat-Jakarta-Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober 2023

"Jadwal itu bervariasi mulai dari pagi hari sampai dengan sore hari. Jadi ini adalah jadwal yang memang tercantum pada grafik perjalanan kereta api berbeda dengan jadwal pada saat uji coba kemarin seperti itu," ucapnya.

Nantinya pada saat pendaftaran, masyarakat bisa memilih relasi, tanggal, dan waktu keberangkatan. Adapun pada awal peresmian ini KCIC baru mengoperasikan 3 stasiun, yaitu Stasiun Halim, Padalarang, dan Tegalluar.

"Persyaratan hanya memasukkan ID, nama, dan NIK. Dan satu transaksi hanya bisa 1-2 penumpang," kata Eva.

Bagi yang tertarik, klik link war tiket gratis kereta cepat di sini.

Baca juga: Tiket Kereta Cepat-Jakarta-Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com