Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ID Food dan D3 Labs Hadirkan Teknologi Perikanan Berbasis Blockchain

Kompas.com - 05/10/2023, 12:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding BUMN Pangan ID Food dan D3 Labs, startup fintech berbasis teknologi blockchain menyepakati kerja sama pengembangan industri perikanan yang inovatif di Indonesia.

ID Food dan D3 Labs berkomitmen untuk mendorong inovasi di sektor perikanan Indonesia dengan memanfaatkan teknologi blockchain. Dengan sinergi antara dua perusahaan, diharapkan akan terwujud peningkatan efisiensi dan transparansi.

Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID Food Dirgayuza Setiawan mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para nelayan, produsen, dan konsumen.

Baca juga: Potensi Industri Perikanan Tinggi, Qazwa dan eFishery Targetkan Pembiayaan Rp 100 Miliar

Ilustrasi ikan segar hasil tangkapan nelayan. SHUTTERSTOCK/STOCKPHOTO MANIA Ilustrasi ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Kerja sama ini juga berpotensi membuka peluang baru dalam pemanfaatan teknologi inovatif untuk mendukung pertumbuhan sektor perikanan Indonesia yang berkelanjutan.

“Kami menyadari betapa pentingnya keberlanjutan dalam industri perikanan, terutama di Indonesia yang merupakan salah satu produsen ikan terbesar di dunia," kata Dirgayuza dalam keterangannya, Kamis (5/10/2023).

Menurut dia, selain berdampak pada efisiensi dan transparansi, pemanfaatan teknologi blockchain dapat meningkatkan produktivitas, kesejahteraan mitra nelayan, serta keberlanjutan di sektor perikanan.

Dirgayuza menuturkan, kolaborasi dengan D3 Labs adalah komitmen dalam mendorong inovasi di industri perikanan, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, kesejahteraan, dan keberlanjutan di sektor ini.

Baca juga: HIPMI Beri Rekomendasi 5 Hal untuk Dorong Sektor Kelautan dan Perikanan

Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan berharap mampu menciptakan sebuah ekosistem yang lebih transparan, berkelanjutan, dan efisien untuk seluruh industri perikanan. Teknologi blockchain yang diperkenalkan oleh D3 Labs akan membawa perubahan signifikan ke dalam industri perikanan.

Sementara itu, Tigran Adiwirya, Co-CEO D3 Labs, meyakini kolaborasi ini dapat menciptakan perubahan positif dalam industri perikanan Indonesia dan menjadi contoh untuk negara-negara lain dalam menerapkan teknologi blockchain dalam sektor ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com