Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRL Jabodetabek Gangguan, Ini Penjelasan KAI

Kompas.com - 09/10/2023, 14:01 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KRL Jabodetabek mengalami gangguan operasional siang hari ini, Senin (9/10/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima Kompas.com, perjalanan KRL Jabodetabek sempat tertahan sekitar 30 menit di Stasiun Duren Kalibata sejak pukul 12 siang tadi. Hal ini membuat para penumpang keluar dari kereta dan memenuhi peron stasiun.

"Ini di Stasiun Kalibata, penumpang pada keluar gara-gara enggak jalan-jalan. Ada kali sudah 30 menit," ujar salah seorang penumpang KRL Jabodetabek Rute Depok-Jakarta kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Layanan Gojek Terintegrasi KRL, Menhub Berharap Kemacetan Berkurang

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Manager External Relations and Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan membenarkan adanya gangguan pada operasional KRL Jabodetabek.

Leza menyebut, gangguan operasional yang membuat perjalanan KRL Jabodetabek terhambat disebabkan oleh adanya gangguan persinyalan di Stasiun Manggarai.

Kendati demikian, saat ini proses perbaikan pada persinyalan tersebut sudah diperbaiki. Namun operasional masih menunggu proses penguraian antrean selesai untuk bisa normal kembali.

"Ada gangguan persinyalan di Stasiun Manggarai, saat ini proses penguraian antrean," ucapnya kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Borong 612 Kereta dari INKA, KAI Pakai Dana Internal Rp 7 Triliun

Mengutip keterangan yang diunggah akun X resmi KAI Commuter, untuk menangani gangguan operasional tersebut KCI telah memberlakukan rekayasa pola operasi pada beberapa KRL, yaitu:

  • KA 5085 (Bekasi-Manggarai-Angke) perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai, kembali sebagai KA 5724 (Angke-Manggarai) perjalanan dibatalkan.
  • KA 1207 (Bogor-Jakarta Kota) perjalanan hanya sampai Stasiun Pasar Minggu, kembali sebagai KA 1208 (Pasar Minggu-Bogor).

"Informasi lanjut perbaikan persinyalan di Sta. Manggarai telah selesai penanganan oleh petugas. Perjalanan Commuterline dapat dilalui kembali dan masih dalam proses penguraian kepadatan di lintas. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis akun X @CommuterLine, Senin.

Baca juga: Sejarah dan Fasilitas Kereta Api Mewah KA Djoko Kendil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com