Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Jalankan Misi Go Global, Pengusaha Sepatu Asal Bogor Ini Sukses Ekspor Produk Bareng Shopee

Kompas.com - 11/10/2023, 07:57 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bisnis online melalui e-commerce menjadi berkah bagi banyak orang, terutama pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Hal itu juga dirasakan oleh Ricco Antonius. Ricco merupakan pemilik usaha sepatu wanita asal Bogor, Jawa Barat, berlabel Patris.

Memulai bisnis sepatu saat pandemi Covid-19, Ricco sempat dilema untuk mendirikan bisnis sepatu tersebut di tengah ketidakpastian ekonomi. Nyatanya, toko Patris Official di platform Shopee mengalami perkembangan.

“Saya sendiri bingung. Saat pandemi, orang-orang biasanya di rumah, tapi saya malah mau bikin bisnis sepatu,” ujar Ricco dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (10/10/2023).

Tekad Ricco bulat, terlebih keluarganya memiliki pengalaman dalam bisnis sepatu offline.

Di sisi lain, Ricco meyakini bahwa metode berjualan online, khususnya lewat Shopee, bisa menjangkau pembeli secara luas. Apalagi, masyarakat Indonesia juga telah beralih ke metode belanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

“Kami merasa bahwa banyak masyarakat Indonesia yang belanja kebutuhannya di Shopee. Jadi, kami yakin kalau Shopee dapat mendatangkan banyak pembeli. Dari segi aplikasi untuk penjual, Shopee juga mudah digunakan,” jelas Ricco.

Baca juga: Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Jadi Layak Ekspor

Ricco menceritakan, perjalanan Patris di Shopee berkembang pesat selama tiga tahun terakhir. Jenama ini mampu naik dari kategori Star Seller ke Star+ Seller hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Bahkan, Patris berhasil mencapai kategori Mall—kategori tertinggi untuk penjual di Shopee—hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

Keberhasilan itu, lanjut Ricco, didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan respons cepat terhadap pertanyaan pembeli.

Brand sepatu asal Bogor, Patris, mampu menembus pasar Singapura dan Malaysia.Istimewa Brand sepatu asal Bogor, Patris, mampu menembus pasar Singapura dan Malaysia.

Saat ini, Patris memang lebih berfokus pada pasar lokal melalui Shopee. Namun, perlahan tapi pasti, Patris berupaya menjelajahi pasar ekspor.

Terbukti, Patris kini tergabung dalam Program Ekspor Shopee. Dalam satu tahun terakhir, program ini membawa Patris berhasil mengekspor produk ke Malaysia dan Singapura.

“Program Ekspor Shopee membawa manfaat besar. Kami hanya perlu mengirim pesanan ke gudang ekspor Shopee tanpa harus memikirkan perizinan dan cukai. Kami jadi bisa lebih fokus untuk menciptakan produk berkualitas sesuai kebutuhan pelanggan,” ujar Ricco.

Baca juga: Pertegas Komitmen Ekspor UMKM, Shopee Dukung Produsen Batik Lokal Berdaya Saing Global

Kisah Patris dalam menjajaki pasar ekspor diharapkan dapat direplikasi oleh UMKM lain di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan fokus pemerintah untuk meningkatkan ekspor dalam negeri.

Pada September 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Ekspor Nasional yang berfokus pada UMKM.

Satgas tersebut berfokus untuk melakukan pengembangan pasar ekspor dan menetapkan strategi peningkatan peran ekspor UMKM dengan mengintegrasikannya ke dalam ekosistem penyedia ekspor nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com