Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Bakal Layani 32 Penerbangan Per Hari

Kompas.com - 17/10/2023, 06:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan Bandara Kertajati dapat melayani 32 penerbangan per hari setelah penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara pindah ke Kertajati mulai 29 Oktober 2023.

Pada tahap awal di Bandara Kertajati akan ada 4 maskapai yang akan melayani 7 rute penerbangan domestik, yaitu AirAsia Indonesia, Super Air Jet, dan Citilink.

Sementara untuk rute internasional saat ini sudah dilayani oleh AirAsia Malaysia dan menyusul ke depannya Malaysia Airlines.

Baca juga: Ini 7 Rute Penerbangan yang Pindah ke Kertajati dari Bandara Bandung per 29 Oktober

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada tahap awal perpindahan ini pihaknya menargetkan pergerakan pesawat di Bandara Kertajati akan lebih tinggi dari Bandara Husein.

Sebab dia menilai kapasitas Bandara Kertajati lebih siap dibandingkan Bandara Husein baik dari sisi infrastruktur runway maupun garbarata sehingga akan memudahkan maskapai.

"Di Bandara Husein Sastranegara saat ini ada 18-24 penerbangan setiap hari, dan di Bandara Kertajati kami targetkan bisa mencapai 32 penerbangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (16/10/2023).

Baca juga: Benarkah Harga Tiket Pesawat Kertajati-Bali Lebih Murah ketimbang dari Jakarta?

Sementara itu, Direktur BIJB Muhamad Singgih menyebut, Bandara Kertajati telah memiliki rencana pengembangan untuk menjadi Aerocity.

"Pengembangan Bandara Kertajati sebagai Aerocity telah masuk ke dalam rencana, mencakup pembangunan Logistic Hub, Technology and Creative Center, Business Park, Umroh Center dan juga kampus," kata Singgih.

Di samping itu, lanjutnya, di dalam masterplan pengembangan Bandara Kertajati juga terdapat pembangunan stasiun kereta.

Baca juga: Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein, Harga Tiket Pesawat Tak Beda Jauh

 


Bandara Kertajati merupakan bandara yang memiliki kawasan terluas kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Sebagai informasi, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), mulai Oktober 2023 Bandara Kertajati akan beroperasi penuh.

Dengan demikian, penerbangan dari Bandara Husein akan digeser ke Bandara Kertajati, terutama untuk penerbangan dengan pesawat jet.

Sementara Bandara Husein hanya melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller untuk rute intra-Jawa, seperti dari dan ke Bandara Adi Sutjipto (JOG) oleh Wings Air menggunakan pesawat ATR72-600.

Baca juga: Mulai 29 Oktober, Super Air Jet Buka 7 Rute Penerbangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com