BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Strategi Menabung Dollar AS agar Bisa Traveling ke Luar Negeri

Kompas.com - 19/10/2023, 13:20 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liburan ke luar negeri menjadi impian banyak orang. Sayangnya, impian ini urung diwujudkan lantaran butuh biaya besar serta persiapan yang rumit.

Padahal, persiapan tersebut dapat dilakukan sedikit demi sedikit sehingga traveling ke mancanegara bisa segera terealisasi. Apalagi, beberapa negara tidak memerlukan visa kunjungan wisata untuk pelancong dari Indonesia.

Adapun salah satu persiapan tersebut adalah menabung valuta asing (valas), seperti dollar AS.
Perlu diketahui, dollar AS merupakan salah satu mata uang yang digunakan untuk transaksi resmi antarnegara dan antarbisnis multinasional.

Mata uang tersebut juga kerap dipakai sebagai cadangan devisa negara, termasuk di Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari kekuatannya terhadap inflasi.

Setidaknya, ada tiga keuntungan yang akan didapat saat menabung dollar AS, terlepas dari tujuan kamu menabung untuk liburan.

Pertama, membantu melindungi nilai aset saat terjadi fluktuasi nilai tukar. Jika nilai dollar AS naik terhadap mata uang lokal, aset kekayaanmu dalam mata uang lokal akan meningkat.

Dalam konteks liburan ke luar negeri, menabung dollar AS akan memudahkan kamu mengumpulkan bujet tanpa takut terpengaruh inflasi.

Kedua, memberikan diversifikasi portofolio dan potensi keuntungan tambahan lewat bunga yang diberikan.

Ketiga, berpeluang untuk mengakses berbagai produk dan layanan keuangan internasional, termasuk investasi, perdagangan, serta pembayaran lintas negara.

Strategi menabung dollar AS

Kamu perlu menyiapkan beberapa strategi menabung dollar AS. Berikut adalah ulasannya.

1. Tentukan tujuan liburan

Korea Selatan, Turki, Vietnam, dan Thailand merupakan negara-negara yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk tujuan liburan. Selain punya daya tarik luar biasa, baik dari segi alam, budaya, maupun kuliner, nilai tukar mata uang keempat negara tersebut terhadap dollar AS cenderung lemah.

Dengan begitu, menabung dollar AS untuk tujuan liburan ke negara-negara tersebut lebih menguntungkan ketimbang kamu menyiapkan dana liburan dalam rupiah dan ditukarkan ke mata uang negara tujuan.

Asumsikan kamu memiliki dana Rp 10 juta dan kurs per Rabu (11/10/2023) sebesar Rp 15.690,00 per 1 dollar AS. Maka, perhitungan keuntungan menabung dollar AS ketimbang rupiah adalah sebagai berikut.

Korea Selatan

Rp 10 juta = 637,31 dollar AS
Rp 10 juta = 853.947,69 won
637,31 dollar AS = 854.014,5 won

Turki

Rp 10 juta = 637,31 dollar AS
Rp 10 juta = 17.670,42 lira
652,01 dollar AS = 17.674,90 lira

Vietnam

Rp 10 juta = 637,31 dollar AS
Rp 10 juta = 15.564.675,83 dong
637,31 dollar AS = 15.571.076,57 dong

Dari skema perhitungan di atas, terlihat nilai tukar dollar AS terhadap mata uang negara tujuan wisata lebih besar ketimbang nilai tukar rupiah.

Setelah menentukan negara tujuan wisata, tentukan berapa lama kamu akan berlibur di sana. Hal ini akan membantu dalam menentukan anggaran untuk misi tersebut.

Namun, pastikan anggaran liburan dibuat realistis alias sesuai dengan kemampuan finansial. Cara ini pun akan memudahkan kamu dalam menabung.

2. Pelajari pergerakan nilai tukar dollar AS

Sebelum menabung dollar AS, kamu perlu mempelajari pergerakan nilai tukar dollar AS. Kamu dapat melakukan riset tentang dollar AS lewat pemberitaan media massa atau situs-situs ekonomi dan keuangan.

Perhatikan tren ekonomi dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi nilai mata uang tersebut. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa menghindari risiko yang tidak diinginkan.

3. Buka rekening tabungan valas dan konsisten menabung

Agar bisa menabung dollar AS, kamu perlu membuka terlebih dahulu rekening tabungan valas. Pastikan kamu memilih bank yang dapat memberikan tingkat suku bunga kompetitif dengan biaya transaksi rendah supaya imbal hasil menabung dollar AS lebih terasa.

Langkah selanjutnya adalah kamu harus rutin dan konsisten dalam menabung agar tujuan finansial terwujud dengan cepat. Untuk mempermudah, kamu bisa memanfaatkan metode dollar cost averaging, yaitu menabung dalam jumlah yang sama setiap bulan atau setiap minggu.

Dengan menabung dollar AS dalam jumlah yang tetap pada interval waktu yang sama, kamu dapat mengurangi risiko volatilitas dollar AS dan memanfaatkan fluktuasi pasar dalam jangka panjang.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemantauan nilai mata uang dan evaluasi kinerja tabungan valas secara berkala.

Saat ini, bukan hal sulit untuk menemukan platform perbankan atau keuangan yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam menabung valas, termasuk dollar AS. Salah satunya adalah Jenius dari Bank BTPN.

Aplikasi bank digital tersebut memiliki fitur Mata Uang Asing. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi mulai dari jual, beli, simpan, dan kirim mata uang asing langsung dari dalam aplikasi.

Adapun mata uang asing yang tersedia pada aplikasi Jenius adalah dollar AS, dollar Singapura, yen, poundsterling, dollar Australia, euro, dollar Hong Kong, serta dua tambahan mata uang asing baru, yakni baht dan yuan.

Namun, perlu diingat, transaksi jual beli valas di Jenius tidak bisa dilakukan antarmata uang asing, hanya bisa dengan rupiah.

Sejumlah keuntungan akan kamu dapat ketika menabung dollar AS di Jenius. Sebut saja, mendapatkan kurs jual dan beli yang kompetitif serta bunga 3 persen per annum (pa) atau tahun. Hal ini otomatis akan memberikan nilai tambah untuk tabungan.

Menariknya, tidak ada ketentuan saldo minimum untuk mendapatkan bunga tersebut. Jadi, kamu bisa menabung berapa saja sesuai kemampuan.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah kamu bisa menghubungkan saldo mata uang asing pada aplikasi Jenius ke m-Card sehingga memudahkan transaksi saat berlibur di luar negeri.

Untuk mulai menabung dollar AS di Jenius, kamu harus melakukan aktivasi mata uang tersebut terlebih dahulu di aplikasi dan memberikan setoran awal mulai dari 10 dollar AS.

Adapun cara aktivasi fitur Mata Uang Asing di aplikasi Jenius adalah dengan mengunjungi menu “Home” dengan klik ikon “+” atau melalui halaman Wealth dengan klik “Aktifkan Mata Uang Asing”.

Berikut adalah cara beli sekaligus menambah saldo mata uang asing.

1. Pada halaman “Home” di aplikasi Jenius, pilih mata uang asing yang kamu inginkan.

2. Klik “Beli”, tentukan jumlah pembelian, lalu pilih “Lanjut”.

3. Setujui pernyataan yang dibutuhkan, lalu pilih “Beli”.

Sebagai informasi, pembelian mata uang asing di aplikasi Jenius bisa dilakukan setiap Senin sampai Jumat, tidak termasuk hari libur nasional, mulai pukul 09.00–21.00 WIB. Selain itu, tidak ada biaya tambahan untuk menabung dollar AS di Jenius.

Bisa kirim mata uang asing

Selain membeli dan mengaktifkan mata uang asing, dengan Jenius, kamu juga bisa mengirim dan menerima mata uang asing ke dan dari berbagai bank atau negara lain tanpa repot mengurus dokumen tambahan.

Bahkan, kamu bisa kirim mata uang asing ke sesama pengguna Jenius dengan proses instan dan bebas biaya secara real-time.

Khusus dollar AS, kamu bisa mengirimkannya dalam jumlah utuh alias tanpa dipotong biaya pengiriman dengan memilih opsi pengiriman “Full Amount”.

Layanan pengiriman mata uang asing di Jenius tersedia pada hari Senin sampai Jumat, pukul 09.00–14.00 WIB dan tidak berlaku di hari libur nasional. Untuk pengiriman ke bank atau negara lain, prosesnya membutuhkan waktu 2 sampai 5 hari kerja, mengikuti kebijakan bank tujuan.

Sementara untuk menerima mata uang asing, kamu bisa mengaksesnya dengan bantuan kode SWIFT pada menu “Cash” di halaman “Wealth”. Kemudian, pilih mata uang asing yang hendak diterima dan salin nomor rekening mata uang asing, serta kode SWIFT.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kemudahan menabung mata uang asing di Jenius, kamu bisa klik tautan ini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com