Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup Perikanan Aruna Bidik Potensi Pasar Perikanan di China

Kompas.com - 19/10/2023, 10:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) perikanan Aruna menjadi pemenang utama  "SME Innovation and Entrepreneurship Global Contest 2023" di Beijing, China.

Ajang ini merupakan hasil inisiasi pemerintah China untuk membuka akses relasi dengan perusahaan-perusahaan teknologi se-Asia. Di kontes tersebut, Aruna bersaing dengan empat peserta lain dari Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Singapura, yang bergerak di bidang agrikultur, Artificial Intelligence (AI), kesehatan, dan energi terbarukan.

Aruna dinilai berhasil menginisiasi dan mengeksekusi ide terkait pemecahan "Digital Supply Chain Challenge" yang kerap kali ditemukan di ekosistem kelautan dan perikanan tradisional Indonesia.

Baca juga: ID Food dan D3 Labs Hadirkan Teknologi Perikanan Berbasis Blockchain

Ilustrasi perikanan, ikan segar hasil tangkapan nelayan. SHUTTERSTOCK/M AFIF ABDULLAH Ilustrasi perikanan, ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Aruna unggul karena dilihat mampu mencangkup beberapa fokus sekaligus, termasuk pendekatan teknologi, community development, dan konsep keberlanjutan.

Li Yan, Deputy Director General of China Centre for Promotion of SME Development, mengatakan, untuk perusahaan setaraf Aruna, pihaknya berharap agar Aruna bisa menjadi sumber inspirasi bagi perusahaan-perusahaan rintisan di Beijing, termasuk para pelaku UMKM yang pun turut mendongkrak ekonomi negara tersebut.

"Gagasan ide dari Aruna ini patut dicontoh karena fokusnya jelas tertuju pada pain point yang sektor kelautan dan perikanan di Indonesia alami. Aruna juga turut mendukung perkembangan komunitas pesisir dan mengenalkan mereka pada implementasi konsep keberlanjutan," jelas Li dalam keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023).

Di sela kesempatan yang ada, Aruna juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing untuk memperkenalkan Aruna secara lebih dekat, juga membicarakan potensi pasar perikanan Indonesia agar dapat memenuhi kebutuhan di pasar Beijing.

Baca juga: HIPMI Beri Rekomendasi 5 Hal untuk Dorong Sektor Kelautan dan Perikanan

Indraka Fadhlillah, Co-Founder dan Chief Operating Officer Aruna, mengatakan, pihaknya ditunjuk langsung oleh pemerintah Beijing untuk mewakili Indonesia dalam kontes tersebut.

"Kompetisi dan business matching ini sejatinya dapat menjadi gerbang bagi potensi kolaborasi Aruna dan Tiongkok, terutama dalam konteks target pasar internasional," terang Indraka.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com