Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Dipakai 2024, Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah 49 Persen

Kompas.com - 02/11/2023, 06:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa mulai digunakan pada 2024, terutama saat upacara Hari Kemerdekaan RI di 17 Agustus 2024.

Saat ini pembangunan Kantor Presiden dan infrastruktur lainnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pun sedang berjalan. Untuk Kantor Presiden kini progres pembangunannya sudah mencapai 49,75 persen, sedangkan Istana Negara sudah 33,9 persen.

Hal itu diungkapkan Presiden Komisaris PT PP (Persero) Andi Gani Nena Wea usai melakukan tinjauan langsung ke proyek-proyek IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 31 Oktober 2023.

"Proses pembangunan Kantor Presiden telah mencapai 49,75 persen, melampaui target yang telah ditetapkan. Untuk target pembangunan Istana Negara juga sudah terlampaui, saat ini telah mencapai 33,9 persen," ujar Andi Gani dalam keterangannya, Rabu (1/11/2023).

Baca juga: Pembangunan Bandara IKN Resmi Dimulai, Bisa Didarati Pesawat mulai Juli 2024

Lebih lanjut, untuk progres pembangunan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) kini telah mencapai 29,55 persen. Lalu, di proyek Jalan Sumbu Barat IKN target pembangunannya telah mencapai 69,78 persen.

Sementara, di proyek Jalan Tol IKN 3 B proses pembangunan juga melampaui target dengan mencapai 41,42 persen.

Ia pun mengapresiasi pembangunan IKN yang berpogres dengan baik, terutama yang dikerjakan oleh PT PP. Andi Gani juga meminta jajaran PT PP untuk tetap memperhatikan keselamatan dan kualitas pekerjaan dalam menggarap proyek di IKN.

"Proyek Strategis Nasional di IKN yang dikerjakan PT PP merupakan kebanggaan untuk seluruh jajaran PT PP," kata dia.

Baca juga: Pemerintah Masih Godok Insentif ASN yang Pindah ke IKN

 


Untuk diketahui, sampai dengan Agustus 2023, terdapat 10 proyek di IKN yang dikerjakan PT PP.

Terdiri dari Jalan Tol IKN, Jalan Sisi Kebangsaan Sumbu Barat, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan 1 dan 2, Istana Presiden dan lapangan upacara, dan Kantor Presiden

Lalu ada proyek pembangunan Gedung Kementerian Sekretariat Negara, akses Masjid IKN, dermaga logistik, rusun ASN, pembangunan Bandara VVIP IKN, serta pembangunan Gedung Bank Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com