Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III-2023, Bank BJB Syariah Cetak Laba Rp 42 Miliar

Kompas.com - 07/11/2023, 17:56 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - PT Bank Jabar Banten Syariah (bjb syariah) menunjukkan membukukan laba bersih Rp 42,08 miliar hingga kuartal III/2023.

"Kami bersyukur masih mampu tumbuh ditengah tantangan ekonomi dalam negeri maupun global. Hal ini berkat kerja keras semua pihak," ujar Direktur Utama bank bjb syariah Adang A Kunandar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (7/11/2023).

Berdasarkan laporan keuangan terbaru, bank bjb syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 8,99 triliun pada kuartal III/2023 atau naik 5,73 persen (year on year/yoy).

Adapun total aset dari bank bjb syariah per kuartal III/2023 tercatat sebesar Rp 12,33 triliun atau naik 10,6 persen dibanding periode sama tahun lalu (yoy).

Baca juga: Tahun Ini, Bank BJB Syariah Targetkan Pembiayaan Rp 8,67 Triliun

Adang menjelaskan, per September 2023, bank bjb syariah berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 8,36 triliun atau tumbuh 14,67 persen (yoy) dibanding periode sama tahun lalu.

Pertumbuhan pembiayaan ditopang oleh pembiayaan konsumer sebesar 65 persen, lalu segmen non UMKM produktif dengan proporsi sebesar 21 persen, sementara UMKM sebesar 14 persen.

Adang mengatakan, bank bjb syariah tetap optimistis bisa menyelesaikan sisa beberapa bulan terakhir tahun ini, sehingga mampu menutup kinerja 2023 lebih baik dari tahun lalu.

Hal ini juga didukung kondisi ekonomi di dalam negeri yang terus membaik dan dukungan dari pemerintah terhadap ekonomi syariah yang terus tumbuh.

Salah satu kunci yang diterapkan bank bjb syariah adalah membangun kemitraan yang kuat dengan seluruh stakeholder, mulai dari pemegang saham, pihak ketiga, maupun dengan para nasabah prioritas.

Baca juga: Perluas Layanan Haji dan Umrah, Bank BJB Syariah Tambah Kantor Fungsional di Pangandaran


Di sisi layanan, bank bjb syariah juga terus memperkuat dan mengembangkan produk berbasis teknologi informasi.

Aplikasi Mobile Maslahah (mobile banking) yang dikembangkan bank bjb syariah sudah mampu melayani berbagai kebutuhan nasabah mulai dari membuka rekening baru secara online (Digital on Boarding), membuka tabungan haji dan mendaftar haji, hingga berbagai pembayaran digital lainnya.

Pengembangan aplikasi berbasis digital juga telah menopang kinerja positif perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pengguna Mobile Maslahah.

Per September 2023, jumlah user Mobile Maslahah kini tercatat sebanyak 98.513 user tumbuh 74 persen dari periode sama tahun lalu.

Adapun jumlah transaksi yang tercatat melalui aplikasi mobile Maslahah mencapai 2,34 juta meningkat sebesar 40 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 1,65 juta transaksi.

Dari jumlah transaksi itu bank bjb syariah berhasil meraup fee based income melalui transaksi digital di mobile Maslahah sebesar Rp 4,23 miliar atau tumbuh secara year on year sebesar 16 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com