Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Meningkat, TRIS Bagikan Dividen Interim

Kompas.com - 09/11/2023, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trisula International Tbk (TRIS), perusahaan yang beroperasi di sektor tekstil dan garmen, berencana untuk membagikan dividen kepada pemegang sahamnya senilai Rp 2,76 per saham. Total dividen TRIS yang akan dibayarkan kepada pemegang saham adalah sebesar Rp 8,6 miliar. Pembayaran dividen dijadwalkan pada tanggal 1 Desember 2023.

Mengutip laporan keuangan perseroan, TRIS mencatat pertumbuhan yang sehat dalam setahun terakhir. Laporan keuangan pada kuartal III-2023 menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 0,1 persen YoY menjadi Rp 1 triliun, sementara laba bersih tumbuh sebesar 4,1 persen YoY pada kuartal III-2023.

Segmen ritel dan seragam menjadi pendorong peningkatan tertinggi dengan masing-masing peningkatan sebesar 29,6 persen YoY dan 5,1 persen YoY, atau Rp 121,7 miliar dan Rp 96,6 miliar.

Baca juga: Berkat Diversifikasi, TRIS Catat Kenaikan Laba Bersih 43,8 Persen Menjadi Rp 43,5 Miliar

Segmen seragam Grup Trisula mulai pulih setelah mengalami penurunan sejak tahun 2020. Hal ini ditopang oleh kinerja penjualan seragam di segmen yang penting, termasuk sektor pemerintahan. TRIS juga menyediakan konsep pakaian serba guna dengan berbagai pilihan pakaian, mulai dari kemeja, celana, hingga jas, yang semuanya tersedia dalam satu tempat.

"Grup Trisula sengaja membangun rantai pasokan terintegrasi di seluruh operasi kami, mulai dari produsen bahan polyester, hingga penjahitan, dan jaringan ritel yang kuat," jelas Widjaya Djohan, Direktur Utama TRIS dalam siaran pers, Rabu (8/11/2023).

“Hal ini memungkinkan kami untuk memproduksi tekstil dan produk garmen berkualitas internasional sambil tetap lincah dalam beradaptasi demi mempertahankan posisi yang kuat di pasar,” lanjutnya.

Baca juga: TRIS Bagikan Dividen Rp 20,23 Miliar dari Laba Bersih 2022

 


Adapun penjualan lokal Grup Trisula tercermin dari peningkatan penjualan lokal sebesar 13,2 persen YoY. Dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang dimulai, Widjaya memperkirakan permintaan akan produk garmen juga akan meningkat.

“TRIS berusaha memanfaatkan tren positif ini dan terus meraih kesuksesan di industri ini,” tambah dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com