Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

BRI Insurance Gelar Edukasi dan Literasi Keuangan untuk Pedagang Pasar di Kota Malang

Kompas.com - 11/11/2023, 11:39 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - BRI Insurance (BRINS) memberikan edukasi literasi keuangan kepada 250 pedagang dari 26 pasar di Kota Malang. Kegiatan mengangkat tema Peran dan Fungsi Asuransi untuk Keamanan Bisnis dan Kesejahteraan Pedagang dan dilaksakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Kmais (9/11/2023).

Sebagai informasi, kegitaan merupakbagian dari Sinergi dan Kolaborasi Pengembangan Ekonomi Lintas Sektoral. Kegiatan dihadiri Direktur Keuangan dan Operasional BRI Insurance Sony Harsono.

"Kami mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar semakin cakap keuangan. Salah satu yang cukup penting adalah pemahaman tentang pentingnya proteksi asuransi bagi keberlangsungan usaha, dan menghadirkan produk-produk asuransi yang cocok dengan UMKM, seperti asuransi kerugian tempat usaha," ujar Sony dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/11/2023).

Sony menyebut, peserta asuransi itu cukup membayar premi satu kali saja per tahun.

“Nominalnya pun juga tidak besar, yakni Rp 40.000,” ucapnya.

Dengan premi tersebut, kata Sony, peserta asuransi bisa mendapat jaminan santunan hingga Rp 5 juta. Sony menyampaikan kesadaran para pelaku UMKM untuk memiliki asuransi masih minim hingga saat ini.

Dengan kadaan literasi saat ini, BRI Insurance menilai perlu ada peningkatan literasi keuangan secara berkelanjutan.

“Sebab, kalau sudah tahu dan paham harapannya mau menggunakannya,” ucap Sony.

Apalagi, menurutnya, selama ini pelaku UMKM lebih banyak yang mengakses permodalan usaha saja tanpa memikirkan untuk memiliki proteksi usaha yang dijalankan.

Menurut Sony, asuransi penting dimiliki oleh pelaku UMKM, apalagi hal itu bisa menekan potensi kerugian akibat musibah yang menyebabkan kerugian usaha.

“Jadi jangan sampai cicilan untuk modal usaha masih ada tetapi usaha yang dijalankan mandek akibat terkena musibah,” jelasnya.

Selain Sony, acara dihadiri Kepala Bagian Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK Malang Inggit Mawarsih Puspita Sari.

Inggit mengatakan, sosialisasi inklusi keuangan masih perlu terus ditingkatkan, terutama dalam hal asuransi.

Pasalnya selama ini kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi masih rendah. Untuk itu, kegiatan sosilasisasi masih perlu intens dilakukan.

Menurut Inggit, sosialisasi tak hanya berorientasi pada pemahaman masyarakat saja. Melainkan juga mendorong kesadaran untuk menggunakannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com