Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong "Global Gateway" Investasi Berkelanjutan, Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi di 3 Kota

Kompas.com - 12/11/2023, 18:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Pendidikan Tinggi Eropa (EHEF) ke-15 pada tahun ini diselenggarakan di tiga kota, yakni Surabaya, Jakarta dan Bandung. Pameran pendidikan ini sudah diselenggarakan sejak 2008 oleh delegasi Uni Eropa UE).

Di Surabaya, pameran ini diselenggarakan pada 8 November, di Jakarta pada 11-12 November dan terakhir di Bandung pada 14 November 2023.

Pada pameran EHEF 2023 ini terdapat 80 lembaga pendidikan tinggi Eropa membuka kesempatan beasiswa dan studi di Eropa.

Stéphane Mechati, Chargé d'Affaires ad interim Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia mengatakan, pendidikan dan penelitian merupakan prioritas dari “Global Gateway”, yaitu strategi Uni Eropa untuk investasi yang berkelanjutan di seluruh dunia.

Baca juga: Pentingnya Investasi dan SDM dalam Menyambut Indonesia Emas 2045

Untuk itu, EHEF mencerminkan komitmen yang kuat dari lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Eropa untuk mempromosikan pendidikan tinggi secara global.

"Hal ini juga merupakan hasil kerja sama Team Europe untuk mendukung para mahasiswa Indonesia, mendorong kemitraan antar lembaga pendidikan tinggi, serta memperkuat hubungan antar bangsa," kata Mechati melalui keterangan pers, Minggu (12/11/2023).

Ia menambahkan, kemitraan Uni Eropa dengan Indonesia di bidang pendidikan tinggi merupakan contoh sukses. Data UE menyebutkan, setiap tahun, lebih dari 6.000 mahasiswa Indonesia kuliah di universitas-universitas Eropa.

"Sekitar 1.200 beasiswa disediakan untuk mahasiswa Indonesia setiap tahunnya melalui program unggulan Uni Eropa, Erasmus+ dan berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh negara-negara Anggota Uni Eropa," lanjutnya.

Baca juga: Kemenag Buka Seleksi Beasiswa Kuliah ke Maroko, Cek Syaratnya

Mendukung pasar kerja global

Mechati menambahkan, pendidikan tinggi di Eropa dikenal dengan ekosistem penelitiannya yang mendukung serta relevansinya yang kuat dengan pasar kerja, dunia usaha, ilmu pengetahuan, dan pemerintahan.

Dengan lebih dari 5.000 lembaga pendidikan tinggi, lanjutnya, lembaga pendidikan Eropa menawarkan pendidikan berkelas dunia, dengan mata kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris, program studi yang inovatif, penelitian yang mutakhir, biaya kuliah yang terjangkau, serta beragam kesempatan beasiswa.

Baca juga: 5 Negara Tujuan Kuliah di Eropa dengan Biaya Pendidikan Terjangkau, Mana Saja?

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com