Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Milenial dan Gen Z Beli Rumah Tinggi, Asuransi Properti Ikut Terdongkrak

Kompas.com - 14/11/2023, 06:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial dan Gen Z mulai menunjukkan peningkatan minat dalam hal membeli rumah. Tak hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga digunakan sebagai salah satu investasi bagi generasi tersebut.

Riset 99 Group menunjukkan, sejak 2022 hingga semester I-2023 minat milenial dalam membeli rumah mencapai 64,4 persen dan Gen Z sebesar 64,6 persen.

Minat beli rumah dominan dibandingkan produk properti lain seperti tanah, apartemen, dan ruko.

Pertumbuhan minat beli rumah ini lantas mendorong produk asuransi umum dan jiwa. Asuransi umum tumbuh karena berperan untuk memproteksi aset.

Sementara itu, asuransi jiwa tumbuh karena menyertai pengambilan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagai kebutuhan pelengkap dari kepemilikan sektor properti.

Baca juga: Soal Aturan Beli Rumah Gratis PPN, CIMB Niaga: Sangat Positif

Head of Commercial Underwriting Allianz Utama Indonesia Datien Widyastuti menjelaskan, saat ini beberapa bank mewajibkan nasabah mengambil asuransi properti ketika mereka hendak mengambil produk KPR.

"Tujuannya antara lain menjaga kedua belah pihak apabila terjadi suatu risiko saat pembayaran KPR masih belum dilunasi dan agar dapat memberikan perlindungan bagi pemilik aset supaya terhindar dari kerugian finansial," kata dia dalam keterangan resmi, Senin (13/11/2023).

Ia menjelaskan, polis hunian Allianz Utama Indonesia mengambil porsi 15 persen dari total premi perusahaan terhitung hingga September 2023 (YoY).

Adapun, premi asuransi properti khusus hunian tumbuh sebesar 5 persen per September 2023.

Baca juga: Agar Tak Keliru, Begini Tips Memilih Asuransi Properti


Sementara itu, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi mengungkapkan, generasi milenial sudah mulai mapan secara finansial dan investasi.

Hal tersebut menjadi peluang pertumbuhan asuransi umum, terutama asuransi properti.

"Allianz Indonesia melakukan upaya untuk menjaga dan meningkatkan minat milenial dan Gen Z dalam memiliki perlindungan pada asuransi properti," jelas dia.

Baca juga: Mau Beli Rumah? Simak Daftar Suku Bunga Dasar KPR Bank 2023

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com