Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Gelar UMKM Merah Putih 2023, Bank Mandiri Targetkan 2.000 UMKM Bisa Go Digital

Kompas.com - 14/11/2023, 20:19 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri terus konsisten memperluas kolaborasi untuk mendukung perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat memberikan nilai tambah dan mampu bersaing di pasar. 

Paling baru, Bank Mandiri berkolaborasi dengan PT Rintis Sejahtera (Jaringan Prima) kembali menggelar program UMKM Merah Putih 2023.

Program bertajuk “Accelerate Growth Through Digital Innovation” itu berfokus pada peningkatan kemampuan adaptasi serta perkembangan bisnis terhadap ekosistem digital.

Senior Executive Vice President Micro and Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K Triprakoso mengatakan, kegiatan itu merupakan kelanjutan dari event serupa pada 2022 dan akan berlangsung pada 14-17 November 2023. 

Ia menjelaskan, rangkaian acara UMKM Merah Putih merupakan wadah bagi para pelaku UMKM agar terus berkembang dan bertransformasi. 

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Finansial Nasabah, Bank Mandiri Gelar Program Kongsi-Kongsi 2023

“Inisiatif ini juga selaras dengan program pemerintah yang aktif menyukseskan UMKM naik kelas dan go digital,” ujarnya dalam seremoni pembukaan di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Khusus III Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga dan Deputi Kewirausahaan Kementerian Koperasi  UKM Siti Azizah.

Hadir pula Penasihat Utama Ikatan Istri Karyawan Bank Mandiri (IIKBM) Henny Darmawan bersama Advisor Marketing PT Rintis Sejahtera Hariyanto Djumali.

Josephus mengatakan, tren belanja masyarakat saat ini sudah beralih dari offline ke online

“Para pelaku UMKM harus bisa menyesuaikan diri dengan tren baru ini agar bisa menjual produk unggulan mereka ke lebih banyak orang,” terangnya dalam siaran pers. 

Baca juga: Fokus pada ESG, Sustainable Loan Bank Mandiri Capai Rp 253 Triliun

Terlebih, produk UMKM Indonesia telah memiliki kualitas yang sangat baik dan punya kapasitas untuk bersaing di pasar lokal maupun global.

Bank Mandiri menilai, potensi para pelaku UMKM Indonesia sangat besar untuk terus tumbuh seiring dengan kemajuan teknologi dan peluang pasar yang masih luas. 

Untuk menjawab tantangan itu, program UMKM Merah Putih 2023 memiliki beberapa kegiatan, mulai dari bazar offline UMKM serta pelatihan online dan offline bagi para pelaku UMKM

Bazar Offline UMKM menjadi ajang showcase produk andalan UMKM kepada sekitar 3.000 lebih pengunjung yang ditargetkan hadir secara langsung di Assembly Hall, Menara Mandiri Lantai 9, Jakarta Selatan. 

Adapun UMKM yang terlibat, antara lain puluhan UMKM Rumah Binaan (RB) Bank Mandiri dan Kementerian BUMN, mitra binaan IIKBM dan Johnny Andrean Group, serta alumni program Mandiri Sahabatku (MS) bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Baca juga: Aset Bank Mandiri Tembus Rp 2.007 Triliun

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com