Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNM Gandeng Telkomsel untuk Perkuat Layanan Digital Nasabah

Kompas.com - 15/11/2023, 06:34 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Telkomsel untuk mempercepat digitalisasi layanan kepada 14,7 juta nasabah melalui aplikasi MekaarDigi.

Sekretaris Perusahaan PNM Dodot Patria Ary mengatakan, kerja sama ini diharapkan membentuk ekosistem yang lebih luas bagi semua kebutuhan.

"Kami dengan yakin menyatakan bahwa PNM saat ini adalah lembaga pembiayaan untuk kelompok pemberi pinjaman terbesar di dunia. Dalam program mekar, pesertanya 100 persen adalah ibu rumah tangga atau perempuan," ungkap Dodot di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Dodot mengatakan, kerja sama ini tidak hanya mencakup proses digitalisasi, tetapi juga keamanan perangkat dan data dari kemungkinan pelanggaran yang bisa merugikan secara finansial.

Baca juga: BUMN Pertahanan Ajukan PMN Rp 1,75 Triliun, Buat Apa?

General Manager Account Management Business Sector Telkomsel Handoyono Hadi mengatakan, dalam kerja sama ini, Telkomsel berperan dalam menyediakan perangkat mobile yang aman dan paket internet untuk para Account Officer (AO) dapat meningkatkan inklusi keuangan nasabah.

"Telkomsel sangat serius dalam mendukung program UMKM, terutama dalam proses digitalisasi, tidak hanya dalam konektivitas, tetapi juga sebagai solusi menyeluruh yang peduli terhadap dunia digital," ujar Handoyo.

Kerja sama ini juga diharapakan dapat mendorong peningkatan implementasi aplikasi MekaarDigi dengan fitur Seamless Mobile Authentication yang terintegrasi pada perangkat yang disediakan. Layanan ini juga kedepannya diharapkan mampu meningkatkan inklusi digital yang lebih baik.

Baca juga: Kolaborasi dengan PNM dan Smesco, Indibiz Ciptakan Ekosistem Solusi Dunia Usaha

Dodot mengatakan, program pemberdayaan nasabah yang dilakukan PNM, diharapkan dapat mendukung kesejahteraan nasabah. Di sisi lain, nasabah yang memperoleh pembiayaan juga membutuhkan pendampingan.

Hingga November 2023, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 58,3 triliun kepada 14,7 juta nasabah PNM Mekaar.

Kerja sama antara PNM dan Telkomsel diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital bagi semua nasabah PNM, serta menjamin keamanan data dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Baca juga: PNM Targetkan Punya 16 Juta Nasabah Tahun Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com