Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Potensi Ekonomi Maritim Indonesia

Kompas.com - 15/11/2023, 15:03 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak potensi ekonomi maritim Indonesia. Ini karena negara ini adalah negara maritim besar yang wilayahnya didominasi perairan.

Potensi ekonomi maritim di Indonesia ini antara lain pemanfaatan sumber daya du dalam laut, wisata bahari, perdagangan, perikanan tangkap, pemanfaatan rumput laut, dan sebagainya.

Apbila potensi ekonomi maritim Indonesia dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan.

Mengutip buku Kebijakan Pembangunan Ekonomi Kelautan Indonesia: Quo Vadis yang ditulis Carunia Mulya Firdausy, potensi ekonomi maritim Indonesia sejatinya sangat besar.

Baca juga: 3 Contoh Sarana Transportasi yang Mendukung Potensi Maritim Indonesia

Bahkan jika digarap serius, Indonesia bisa menjadi negara dengan kekuatan ekonomi maritim terbesar di dunia. Namun akibatnya banyaknya potensi yang belum termanfaatkan, membuat sektor ini kurang maksimal.

Potensi ekonomi maritim Indonesia

Potensi ekonomi maritim di Indonesia sangat besar, diperkuat oleh karakteristiknya sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau dan berbagai sumber daya laut yang melimpah.

Berikut adalah beberapa aspek potensi ekonomi maritim di Indonesia:

1. Perikanan dan akuakultur

Indonesia memiliki salah satu sektor perikanan terbesar di dunia. Sumber daya ikan yang melimpah di perairan Indonesia mendukung industri perikanan dan akuakultur yang menghasilkan berbagai produk laut untuk pasar domestik dan ekspor.

2. Pertambangan migas

Kekayaan minyak dan gas bumi di perairan Indonesia, terutama di lepas pantai Sumatra, Kalimantan, dan Papua, menjadi sumber pendapatan utama bagi negara.

Industri ini memainkan peran penting dalam sektor energi dan ekonomi nasional.

3. Pelabuhan dan logistik

Indonesia memiliki pelabuhan-pelabuhan strategis yang mendukung perdagangan laut dan transportasi barang.

Pengembangan infrastruktur pelabuhan dan logistik menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan konektivitas dalam perdagangan internasional dan domestik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com