Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Tren Belanja Online dari Sumatera hingga Papua Selama Kampanye Shopee 11.11 Big Sale, Apa Saja?

Kompas.com - 16/11/2023, 07:55 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga Sabtu (11/11/2023) sukses memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia.

Selama kampanye berlangsung, Shopee pun mencatat tren belanja online di tiap wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Di Sumatera, produk minyak telon, popok bayi, dan kaos anak diminati banyak konsumen. Hal ini memperlihatkan bahwa produk dari kategori Ibu dan Anak dicari oleh banyak ibu baru di Sumatera.

Kemudian di Jawa, produk hand and body lotion dan pelembap wajah dari jenama lokal tercatat menjadi incaran banyak pengguna Shopee. Selain produk itu, smartphone juga menjadi produk yang paling banyak dicari.

Sementara itu, di Bali, produk yang digemari konsumen adalah kebaya Bali, kacamata hitam, serta sunscreen. Hal ini sesuai dengan citra Bali sebagai destinasi wisata favorit.

Selanjutnya, di Kalimantan, produk peralihan musim panas ke musim hujan, seperti jas hujan, jaket pria dan wanita, serta hoodie, jadi favorit masyarakat setempat.

Baca juga: Shopee 11.11 Big Sale Tingkatkan Pesanan Ekspor Brand dan UMKM Lokal hingga 4 Kali Lipat

Bergeser ke Sulawesi, produk kategori Rumah Tangga, seperti kipas angin, lampu neon, panci, serta wajan menjadi kebutuhan utama di pulau tersebut.

Terakhir, di Papua, produk yang digemari konsumen meliputi celana cargo, jam tangan pria, gelang couple, dan baju couple. Meski terletak di paling timur Indonesia, konsumen di Papua tetap mengikuti tren yang sedang berkembang di Indonesia.

Meningkatkan transaksi hingga 7 kali lipat

Selain memenuhi kebutuhan konsumen tiap pulau, Kampanye Shopee 11.11 Big Sale juga sukses menciptakan peluang bagi jenama dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh.

Kampanye 11.11 Big Sale hadirkan berbagai promo menarik. DOK. Istimewa. Kampanye 11.11 Big Sale hadirkan berbagai promo menarik.

Tercatat, transaksi brand dan UMKM lokal mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat pada puncak acara kampanye Shopee 11.11 Big Sale.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, capaian tersebut menunjukkan bahwa Shopee merupakan mitra yang tepat bagi brand dan UMKM lokal untuk melakukan penetrasi pasar digital.

Baca juga: Puncak 11.11 Big Sale, Shopee Hadirkan 11.11 Big Sale TV Show dan Deretan Promo Menarik

“Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar pada akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk lokal,” tutur Monica.

Melalui 11.11 Big Sale pula, lanjutnya, konsumen dapat terpacu untuk menjelajahi produk dalam negeri. Dengan demikian, produk brand lokal dapat dinikmati masyarakat luas. Alhasil, sepanjang kampanye 11.11 Big Sale, minat konsumen berbelanja produk lokal dan UMKM dari berbagai kategori pun mengalami lonjakan.

Peningkatan transaksi brand dan UMKM lokal, lanjut Monica, juga tak terlepas dari berbagai program dan fitur yang dimiliki Shopee.

Salah satunya adalah program Ekspor Shopee yang dimanfaatkan oleh brand dan UMKM lokal. Program ini mampu meningkatkan pesanan ekspor lebih dari empat kali lipat selama kampanye berlangsung.

Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa program Ekspor Shopee tidak hanya menjadi pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, tapi juga alat untuk memperkuat strategi bisnis.

Monica melanjutkan, keberhasilan brand dan UMKM lokal selama Kampanye 11.11 Big Sale menjadi penyemangat bagi Shopee untuk selalu memberikan inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, serta memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen.

“Shopee juga akan terus memberikan penawaran terbaik kepada pengguna untuk mendapatkan pengalaman belanja yang nyaman dan menguntungkan,” tutur Monica.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com