Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkap Kondisi Terkini, Luhut: Sudah Keluar Rumah Sakit tetapi Belum Bisa Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 18/11/2023, 19:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kabar terbaru terkait kondisi kesehatannya. Ia sudah satu bulan lebih menjalani pemulihan kesehatan di Singapura.

Melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, ia sudah keluar dari General Hospital Singapore. Namun, dia masih belum bisa kembali ke Indonesia karena perlu menjalani rawat jalan untuk memastikan pulih sepenuhnya.

"Tiga hari yang lalu, sejujurnya saya sudah diperbolehkan keluar dari General Hospital Singapore. Namun, belum bisa pulang ke tanah air karena mash menjalani rawat jalan guna memastikan kondisi saya pulih sepenuhnya," ungkapnya dalam unggahan di akun @luhut.pandjaitan, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: Kemenko Marves Pastikan Kondisi Luhut Kian Membaik

Luhut menuturkan, soal kapan pastinya dia akan kembali ke Indonesia, hal itu bergantung pada arahan dokter. Selain itu, dirinya mengaku mengikuti sang istri, Devi Simatupang, terkait proses pemulihan kesehatannya.

Namun yang pasti, kata Luhut, ia selalu melaporkan semua kegiatannya yang bisa dikerjakan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk perkembangan kesehatannya. Menurut Luhut, Kepala Negara meminta untuk dirinya untuk fokus memulihkan kondisi kesehatan.

"Semua langkah-langkah saya, saya laporkan ke Bapak Presiden, dan Bapak Presiden memberikan arahan, 'Pak Luhut, upayakan sesempurna mungkin recovery-nya, baru kembali ke Jakarta'," ungkap dia.


Ia mengaku, kondisi fisiknya saat ini sudah semakin membaik, bahkan sudah mampu berolahraga ringan. Menurut Luhut, apa yang dia rasakan saat ini tidak banyak perbedaan dari kondisi fisiknya sebelum sakit.

Dia bilang, sudah mulai intens orahlaga dengan berjalan kaki setiap hari sekitar 1-2 kilometer, mengangkat beban dengan berat tertentu, serta melakukan plank meski dengan waktu yang singkat.

"Dokter juga memberikan program yang saya harus ikuti. Dan tangan saya juga sudah tidak ada lagi yang kalau diapa-apain ini, enggak ada jarum-jarum lagi. Jadi sudah bebas semua," kata Luhut.

Baca juga: Luhut Ungkap Kondisi Terkini: Sudah Boleh Pegang Ponsel Tengok Urusan Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com