Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Investor Asing Minat Investasi di IKN, Paling Banyak dari Singapura

Kompas.com - 20/11/2023, 18:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Agung Wicaksono mengatakan, saat ini pemerintah sudah menerima 305 Letter of Intent (LOI) atau Surat Pernyataan Minat investasi dari investor dalam dan luar negeri.

Ia mengatakan, 172 dari 305 LOI tersebut merupakan investor dari dalam negeri.

"Terlihat memang paling banyak itu investor indonesia, dari 305, 172 itu investor merah putih. Jadi memang terlihat bagaimana kecepatan para investor domestik," kata Agung dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Otorita IKN: Investor Domestik Lebih Sat Set...

Agung mengatakan, investor asing yang minat terhadap proyek IKN Nusantara tercatat 133 LOI. Ia mengatakan, Singapura menjadi negara paling banyak melakukan LOI untuk proyek IKN.

"Paling banyak mulai dari Asia yaitu Singapura, Jepang, Malaysia, China, Korea, ada juga Amerika Serikat, negara-negara Eropa," ujarnya.

Lebih lanjut, Agung menekankan, pemerintah tidak menahan investor asing masuk ke IKN. Namun, saat ini, investor domestik lebih cepat melakukan investasi pembangunan di IKN.

"Investor domestik lebih sat set sat set dalam memproses mengevaluasi antara istilahnya risk and return risiko dan keuntungannya, dan kemudian juga mengambil keputusan hingga sampai pada kesepakatan tadi," ucap dia.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol IKN Ditargetkan Rampung April 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com