Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" IKN Tahap 3 Dimulai Desember 2023, Nilai Investasinya Rp 10 Triliun

Kompas.com - 20/11/2023, 13:24 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (Otorita IKN) mengungkapkan groundbreaking tahap ketiga proyek pembangunan IKN Nusantara akan dilakukan pada Desember 2023.

"Tadi kita targetkan (groundbreaking tahap ketiga dengan nilai investasi) sekitar Rp 10 triliun," kata Deputi Bidang Pembiayaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam konferensi pers secara virtual, Senin (20/11/2023).

Agung mengatakan, ada tiga kategori pembangunan di IKN Nusantara yaitu kawasan untuk bekerja, tempat tinggal, arena bermain, dan lembaga negara.

Baca juga: Otorita IKN: Investor Asing Sudah Masuk, Bermitra dengan Investor Domestik

"Jadi nanti di dekat hotel Nusantara akan ada penyediaan kebutuhan melalui supermarket dan juga mengenai toko dengan toko grosir," ujarnya.

Agus juga mengatakan, pemerintah menargetkan sebesar Rp 45 triliun investasi masuk hingga akhir 2023 untuk pembangunan IKN.

Ia mengatakan, jumlah investasi tersebut akan sangat membantu proses pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada 2024.

Baca juga: Pusat Riset Stanford di IKN Mulai Dibangun Februari 2024

"Tahun ini 2023 target kita adalah Rp 45 triliun, investasi semangat 45 untuk mewujudkan ekosistem kota di 2024. Uangnya masuk dalam bentuk pembangunan ke IKN," tuturnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, hingga saat ini pemerintah sudah menerima 305 letter of intent investasi dari investor dalam dan luar negeri.

Baca juga: Ke San Francisco AS, Otorita IKN Kantongi 5 Kerja Sama dengan Perusahaan Swasta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com