Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke San Francisco AS, Otorita IKN Kantongi 5 Kerja Sama dengan Perusahaan Swasta

Kompas.com - 19/11/2023, 18:30 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara melakukan kunjungan bisnis ke San Francisco, Amerika Serikat.

Selama di sana, Otorita IKN berhasil mendapatkan 5 kesepakatan kerja sama dalam bentuk Momerandum of Understanding (MoU) dengan berbagai perusahaan dan institusi pendidikan.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono mengungkapkan, kelima MoU ini menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan dunia internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern yang cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif.

"Keaktifan OIKN dalam mengundang seluruh kalangan dalam berpartisipasi dan berinovasi dalam membangun IKN sebagai living lab merupakan langkah mewujudkan IKN sebagai kota dunia untuk semua," ujarnya dalam siaran persnya, Minggu (19/11/2023).

Baca juga: Pusat Riset Stanford di IKN Mulai Dibangun Februari 2024

Bambang memaparkan, di hari pertama kunjungan Senin, 13 November 2023, telah dilaksanakan penandatanganan MoU dengan tiga perusahaan teknologi ternama dari Amerika Serikat. Ketiga perusahaan tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai.

Kemudian, ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. Nantinya, ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial.

Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial. Melalui teknologi informasi geospasial tersebut, dapat membantu OIKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN.

Hal ini akan membantu OIKN dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol IKN Ditargetkan Rampung April 2024

 


Selanjutnya, pada tanggal 14 November 2023, dilakukan penandatanganan MoU dengan Microsoft.

Microsoft adalah perusahaan sistem operasi dan perangkat lunak komputer. Microsoft akan berpartisipasi dalam proses transformasi digital di IKN.

Microsoft akan berpartisipasi dalam proses transformasi digital IKN melalui pengembangan solusi kota cerdas dalam berbagai aspek pengelolaan kota, pengembangan infrastruktur digital pusat data dan cloud computing yang aman dan berketahanan, serta peningkatan inisiatif pendidikan literasi digital dan keterampilan komputer bagi masyarakat.

Terakhir dalam lawatan di San Francisco, ditekennya MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Universitas kelas dunia, Standford yaitu dengan Standford Doerr School of Sustainability untuk pusat riset dan penelitian serta inovasi di IKN dan ke depan adalah penjajakan dibangunnya kampus Standford di IKN.

Baca juga: Jokowi Sebut Belum Ada Investasi Asing ke IKN, Otorita: Minatnya Tinggi tapi Tak Cepat Ambil Keputusan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com