Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta Kemenhub Beri Perhatian Khusus pada Penyebab Roda LRT Jabodebek Cepat Aus

Kompas.com - 21/11/2023, 19:58 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengungkap penyebab roda LRT Jabodebek cepat aus.

Dia memaparkan, berdasarkan laporan yang diterimanya penyebabnya adalah lantaran lengkungan yang dibuat oleh pelaksana jalur LRT Jabodebek tidak sesuai dengan anjuran yang disampaikan oleh Kementerian Perhubungan.

"Soal LRT nih, Pak Menteri, ada informasi yang kami terima tetapi ini masih penyampaian saja tetapi kami belum melakukan telaah ke lapangan dan rapat dengan para ahli bahwa lengkungan yang dibuat oleh pelaksana jalur LRT ini tidak sesuai dengan anjuran yang disampaikan okeh Kementerian sehingga membuat roda ini cepat aus pak," ujarnya saat rapat kerja bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca juga: Atasi Persoalan Roda LRT Jabodebek, Kemenhub Gandeng Konsultan Asal Perancis

Oleh sebab itu, dia meminta agar Kementerian Perhubungan bisa memberikan perhatian khusus untuk segera menindaklanjuti persoalan itu.

Sebab menurut dia LRT Jabodebek menjadi salah satu transportasi yang akan banyak digunakan masyarakat selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Ini perlu kita mendapat perhatian," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap penyebab roda LRT Jabodebek cepat aus. Kendala teknis ini mengakibatkan 18 rangkaian kereta (trainset) harus dilakukan perawatan.

Baca juga: Soal Tarif Dinamis LRT Jabodebek, Pengamat: Selama Operasional Belum Normal Tak Perlu Diterapkan

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, berdasarkan hasil inspeksi di lapangan ditemukan pengikisan pada ruas-ruas jalur LRT Jabodebek tertentu.

Hal inilah yang dinilai menjadi penyebab roda LRT Jabodebek cepat aus padahal baru dioperasikan secara komersial 28 Agustus lalu.

"Berdasarkan temuan inspektur kami di lapangan, ditemukan pengikisan (aus) pada ruas-ruas jalur tertentu. Kami tengah melakukan pemeriksaan roda dan kondisi rel untuk mengatasi hal tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (1/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com