Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bank Mandiri Kembangkan Pendidikan hingga UMKM Melalui Program CSR 

Kompas.com - 27/11/2023, 19:26 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bank Mandiri terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dengan merealisasikan kegiatan-kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau yang lebih dikenal CSR.

Vice President CSR Center Departement Bank Mandiri Dadang Suryadi menerangkan, hingga September 2023, Bank Mandiri telah merealisasikan beragam program. 

“Kegiatan-kegiatan itu, yakni bantuan tanggap bencana alam, bantuan tempat ibadah, serta sarana kesehatan,” kata Dadang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/11/2023).

Ada pula bantuan pendidikan berupa kegiatan pelatihan untuk pelaku UMKM, sekolah dan pesantren.

Kemudian, ada juga bantuan sarana umum, seperti perbaikan drainase jalan, air bersih, peralatan pertanian, peralatan UMKM, serta kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan.

Baca juga: Jatelindo dan Bank Mandiri Perkuat Ekosistem Transaksi Digital

Pemberdayaan UMKM

Sebagai mitra pemerintah dalam memenuhi perkembangan dan kebutuhan masyarakat, TJSL Bank Mandiri juga berfokus pada pengembangan UMKM.

Beberapa program yang dijalankan Bank Mandiri, antara lain Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Rumah BUMN (RB) Bank Mandiri, Mandiri Entrepreneur Expo, Peningkatan Infrastruktur UMKM, dan Mandiri Sahabatku.

Corporate Secretary Bank Mandiri menyatakan, WMM merupakan program tanggung jawab sosial (CSR) utama Bank Mandiri yang dilaksanakan sejak 2007 yang telah melahirkan 56.000 alumni WMM. 

“Sasaran WMM adalah membentuk wadah bagi pengusaha muda untuk berjejaring sehingga menjadi role model bagi pengusaha muda yang ingin terjun ke dunia usaha,” kata Dadang.

Baca juga: Gandeng Asosiasi, Bank Mandiri Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik Indonesia

Selanjutnya, program RB Bank Mandiri merupakan turunan dari program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM sehingga dapat unggul dan berkualitas. 

Corporate Secretary Bank Mandiri menerangkan, hingga saat ini, terdapat 23 titik lokasi Rumah BUMN Bank Mandiri dengan total 97.000 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wujud program RB Bank Mandiri adalah menaikkan kelas UMKM serta menghasilkan produk dan desain packaging yang unggul dan berkualitas sehingga dapat bersaing baik di skala nasional maupun internasional. 

RB BUMN Bank Mandiri juga berfungsi sebagai pengembangan UMKM, satuan tugas bencana tingkat provinsi, co-working space, basecamp millennials, dan pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR)/Kredit Usaha Mikro (KUM).

Adapun terkait program Peningkatan Infrastruktur UMKM bertujuan untuk memperluas akses pasar UMKM melalui pembangunan tempat promosi UMKM di area publik, seperti gelanggang olahraga, cagar budaya, dan lokasi publik strategis lainnya. 

Baca juga: Penyaluran Kredit Hijau Bank Mandiri Mencapai Rp 112 Triliun

Program berikutnya adalah Mandiri Entrepreneur Expo, yakni kegiatan kolaborasi kewirausahaan dengan peserta pameran.

Corporate Secretary Bank Mandiri menerangkan, kolaborasi tersebut melibatkan finalis uRBan Festival. Mereka merupakan UMKM binaan Rumah BUMN maupun WMM Junior dengan peserta siswa sekolah dasar (SD) dari tiga kategori, yaitu siswa SDN perkotaan dan pedesaan; siswa SDN di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T); serta siswa madrasah ibtidaiah (MI).

“Mandiri Entrepreneur Expo diharapkan dapat meningkatkan jiwa entrepreneur anak sejak dini sehingga dapat menghasilkan entrepreneur yang unggul dan berkualitas,” jelas Dadang. 

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga menjalankan program Mandiri Sahabatku, yaitu rangkaian kegiatan pelatihan kewirausahaan untuk para pekerja migran Indonesia (PMI) yang telah dilaksanakan sejak 2011.

Baca juga: Tingkatkan Inklusivitas Keuangan, Bank Mandiri Buka 10.000 Rekening bagi Penyandang Disabilitas

Program tersebut bertujuan mengasah kemampuan para PMI sehingga mereka dapat menjadi pengusaha mandiri saat kembali ke Tanah Air. Pelatihan kewirausahaan diberikan kepada para PMI dan keluarganya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com