Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ingin Tingkatkan Skala Usaha? Berikut 17 Software ERP Terbaik untuk Bisnis

Kompas.com - 28/11/2023, 08:02 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Seiring dengan perkembangan sektor bisnis, kelangsungan operasional dan pertumbuhan bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha. Merespons tren tersebut, enterprise resource planning (ERP) hadir sebagai solusi strategis yang dapat mengintegrasikan berbagai aspek bisnis dalam satu platform.

Untuk diketahui, ERP merupakan teknologi yang dapat menjadi solusi untuk operasional bisnis perusahaan. Dalam implementasinya, ERP memungkinkan perusahaan melakukan otomatisasi serta memantau berbagai aktivitas, seperti pengelolaan persediaan, produksi, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia (SDM) dalam satu sistem terintegrasi.

Tidak hanya itu, ERP juga dapat dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kecepatan pengambilan keputusan pemimpin bisnis.

Terkait hal itu, ada sejumlah perangkat lunak ERP yang dapat diaplikasikan, baik ERP dari dalam negeri maupun mancanegara. Pemilihan perangkat lunak ERP pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Lantas, apa saja perangkat lunak ERP yang dapat dipergunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis? Berikut 17 software ERP terbaik yang dapat dipertimbangkan.

Baca juga: Pengertian ERP: Kelemahan dan Kelebihan

1. IDMETAFORA ERP

IDMETAFORA ERP adalah perusahaan penyedia solusi ERP yang berpusat di Yogyakarta. Perusahaan aplikasi bisnis terintegrasi ini telah lama beroperasi serta bereputasi baik di Tanah Air. Perusahaan satu ini terbukti menjadi mitra yang andal dalam menyediakan solusi ERP yang terintegrasi dan efisien.

Adapun tim ahli IDMETAFORA memiliki pengalaman yang luas dalam mengimplementasikan solusi ERP di berbagai sektor, mulai dari industri manufaktur, distribusi, hingga ritel.

IDMETAFORA juga mempersembahkan layanan konsultasi ERP yang menyeluruh, mulai dari pemilihan solusi ERP yang sesuai hingga tahap implementasi dan dukungan pascaimplementasi.

Hal tersebut dihadirkan karena pihak ID.METAFORA menyadari bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan menerapkan solusi ERP dari IDMETAFORA, perusahaan Anda dapat mengoptimalkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tim IDMETAFORA tidak hanya menyediakan solusi teknologi, tetapi juga berperan aktif dalam memandu integrasi yang sesuai dengan kebutuhan unik perusahaan Anda yang tidak hanya bertujuan menjadi penyedia ERP yang andal, tetapi juga mitra jangka panjang yang memahami dan mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Framework ERP yang dimiliki oleh IDMETAFORA dirancang dengan baik untuk menangani perencanaan pengembangan yang kompleks. Dengan fokus pada skalabilitas dan adaptabilitas, IDMETAFORA tidak hanya memenuhi kebutuhan Anda saat ini, tetapi juga memberikan fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Macam-macam Software untuk Browsing Internet yang Perlu Diketahui

Tidak hanya itu saja, IDMETAFORA juga memberikan keamanan bagi operasional dan keberlanjutan bisnis Anda. Dengan standar framework yang tinggi dengan melibatkan lapisan keamanan yang canggih, enkripsi data yang kuat, dan pemantauan terus-menerus, IDMETAFORA berkomitmen untuk melindungi integritas dan kerahasiaan informasi data bisnis Anda.

IDMETAFORA juga menyediakan layanan cloud ERP yang dapat memungkinkan tim Anda untuk bisa lebih cepat mendapatkan data update secara real-time dari setiap departemen bisnis. IDMETAFORA juga didesain sedemikian rupa untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik dan spesifik perusahaan Anda agar dapat meningkatkan efektivitas operasional dan memberikan nilai tambah yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

2. SAP Business One

Software ERP berikutnya adalah SAP Business One. Software ini terbilang canggih dengan menyediakan data bisnis, analisis, dan pelaporan yang komprehensif untuk perusahaan di berbagai bidang.

Selain mengelola penjualan, pembelian, inventaris, transaksi buku besar, serta informasi pelanggan dan pemasok, software SAP Business One menawarkan fitur untuk manajemen dan kolaborasi proyek.

Tidak hanya memberikan kontrol yang lebih baik atas operasional bisnis, SAP Business One juga membantu perusahaan merancang keputusan yang lebih cerdas terkait investasi masa depan.

Baca juga: Siswa JIS Kembangkan Software Kapal Nelayan Tenaga Angin dan Surya

Solusi tersebut menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek operasional perusahaan.

4. Ramco ERP

Ramco ERP merupakan sistem software bisnis yang menyajikan solusi menyeluruh untuk merencanakan, mengelola, dan mengintegrasikan berbagai proses operasional dalam suatu perusahaan.

Dengan menyediakan modul serta fitur yang beragam, platform tersebut juga dirancang untuk mendukung fungsi-fungsi penting, seperti penggajian, manajemen waktu, manajemen tenaga kerja kontrak, keuangan dan akuntansi, manajemen aset, manajemen transportasi, serta manajemen gudang.

5. Deskera

Deskera merupakan suatu rangkaian aplikasi manajemen perusahaan terintegrasi berbasis cloud. Perangkat lunak ini dapat membantu Anda dalam mengotomatisasi tugas-tugas bisnis sehari-hari seperti pencatatan buku, manajemen stok, pemrosesan gaji, manajemen tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Meski Deskera melayani bisnis dari berbagai ukuran, Sebagian besar pelanggannya adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Perusahaan ini mengembangkan perangkat lunak berbasis cloud seperti ERP, manufacturing resource planning (MRP), customer relationship management (CRM), dan human resource management system (HRMS).

Baca juga: Jurusan Software Engineering: Prospek Kerja dan Pilihan Kampusnya

Selain itu, ada pula perangkat lunak project management (PM) dan learning management system (LMS). Dengan basis data yang dimiliki, Deskara menawarkan alat industri yang diperlukan untuk merancang solusi baru guna memenuhi kebutuhan basis pelanggan yang besar.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com