Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Berencana Tebar Dividen Sebesar 70 Persen dari Tahun Buku 2023

Kompas.com - 30/11/2023, 14:28 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mengusulkan pembagian dividen untuk tahun buku 2023 sebesar 70 persen dari perolehan laba bersih perusahaan.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, hal ini dimungkinkan mengingat rasio ketercukupan modal BRI sejauh ini sudah 27,47 persen.

“Kita akan berupaya berapapun laba BRI tahun ini, minimal kita akan bagikan dividen 70 persen, mudah-mudahan dapat persetujuan dari pihak yang memiliki wewenang untuk menetapkan ini,” ujar Sunarso dalam Public Expose Live, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: 45 Emiten Raih CSA Awards, Ada United Tractors, BRI, Garuda Indonesia

Ilustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.SHUTTERSTOCK/FARISFITRIANTO Ilustrasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sunarso mengungkapkan, rasio kecukupan modal BRI saat ini sangat aman. Namun, di sisi lain perusahaan tidak mencari aman semata, tapi juga keuntungan dan keselamatan.

“Kalau dari selamat, ya kita selamat karena modal kita tebal, tapi kita juga pikirkan keuntungan kita yang harus kita kejar,” lanjut dia.

“Saya tegaskan, untuk menjaga keselamatan itu, ratio kecukupan modal harus 17 persen. Berapapun laba BRI harus dibagi dalam bentuk dividen,” tutur Sunarso.

Tahun lalu, laba BRI tercatat mencapai Rp 51,4 triliun dan merupakan laba terbesar di industri perbankan di Indonesia. Dari angka tersebut, sebanyak Rp 35 triliun diberikan ke negara, dan 20 triliun untuk pemegang saham publik.

Baca juga: Gelar Pameran UMKM EXPO(RT), BRI Targetkan Pembeli dari Kanada, Belanda, hingga Selandia Baru

Sunarso mengatakan, saat itu pihaknya tidak perlu memperkuat modal melalui kontribusi laba.

“Tapi laba yang tinggi itu kita tidak perlukan untuk perkuat modal, makanya kita bagikan 85 persen dalam bentuk dividen,” ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com