Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Permintaan Tinggi Jelang Nataru, BUAH Rampungkan Penambahan Kapasitas Gudang di Sisa Tahun 2023

Kompas.com - 01/12/2023, 11:50 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Segar Kumala Indonesia Tbk (BUAH) akan segera merampungkan penambahan kapasitas gudang sebesar 200 ton di penghujung tahun 2023. Melalu aksi ini, kapasitas gudang mulik BUAH akan bertambah sebesar 44,2 persen sepanjang tahun 2023.

Terhitung pada tahun buku 2022, kapasitas gudang yang dimiliki BUAH telah mencapai 5,205 ton. Kemudian di awal tahun 2023 BUAH melakukan penambahan sebesar 2.000 ton untuk kapasitas gudang di wilayah Jakarta, kemudian melakukan pembukaan gudang atau cold storage baru di wilayah Bangka dengan kapasitas 100 ton.

Direktur Utama PT Segar Kumala Indonesia Renny Lauren mengatakan, pada akhir tahun ini BUAH kembali melakukan ekspansi untuk membuka jaringan distribusi baru dengan kapasitas gudang sebesar 200 ton yang siap beroperasi pada akhir tahun 2023 ini.

Melalui aksi yang dilakukan oleh perseroan, penambahan kapasitas gudang yang dimiliki BUAH pada tahun 2023 mencapai peningkatan sebesar 44,2 persenatau meningkat 2.300 ton dibandingkan dengan tahun buku 2022.

Baca juga: Belum Sepakat Soal Harga, Begini Kelanjutan Divestasi Saham Vale Indonesia

“Peningkatan ini tak lepas dari pemanfaatan CAPEX oleh perseroan dilakukan secara efektif dan efisien. Penggunaan dana CAPEX oleh perseroan dilakukan secara efektif dan efisien hingga bisa menunjukan pertumbuhan yang signifikan. Kami optimis, melalui penambahan kapasitas gudang ini dapat terus menambah kinerja baik dari perseroan serta memperkuat posisi kami untuk mencapai target di tahun – tahun yang akan datang,” ujar Renny dalam siaran pers, Jumat (1/12/2023).

Menjelang akhir tahun 2023, BUAH kembali melanjutkan ekspansi dan sedang mempersiapkan pembukaan jaringan baru yang diperkirakan siap beroperasi pada bulan Desember 2023. Ekspansi ini menjadi salah satu langkah dan strategi yang digencarkan perseroan untuk mencapai target penjualan Rp 1,8 triliun dan laba bersih sebesar Rp 33,4 miliar untuk tahun buku 2023.

Baca juga: Divestasi Saham Vale Kemahalan, Stafsus Erick: Harusnya Lebih Murah

Corporate Secretary perseroan Syanne menjelaskan, jelang akhir tahun ini BUAH optimis permintaan pasar akan terus meningkat, terlebih adanya peringatan hari raya di akhir tahun yang dapat mendorong permintaan pasar. BUAH juga terus menambah varian buah seperti apel, pear, jeruk, kemudian buah – buah eksotik seperti cherry & strawberry yang memiliki permintaan tinggi dipasaran pada periode akhir tahun.

Saat ini BUAH telah memiliki 13 cabang atau cold storage yang telah tersebar dari wilayah barat hingga timur Indonesia. Mulai dari wilayah Aceh, Medan, Bangka, Jakarta, Yogayakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Bali dan Ambon dengan total kapasitas penyimpanan mencapai 5.205 ton serta didukung oleh 81 unit armada mobil berpendingin untuk memaksimalkan operasional perseroan.

Baca juga: Saham Perbankan Digital Menguat, Ini Rekomendasinya


BUAH juga tengah mempersiapkan cabang ke-14 yang berlokasi di area pulau Sumatera dan diharapkan semakin memperkuat jaringan distribusi perseroan di wilayah barat Indonesia. Hingga kuartal III-2023 ini, BUAH terus mencatatkan kinerja postif dengan berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun atau meningkat sebesar 42 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya serta memperoleh laba bersih sebesar Rp 26 miliar atau meningkat sebesar 28 persen dibandingkan dengan tahun 2022.

Dengan hasil ini, BUAH memperkirakan telah mencapai 74,39 persen dari penjualan yang ditargetkan perseroan serta dari sisi laba, diperkirakan telah mencapat 77,9 persen dari target laba perseroan untuk tahun 2023. Perseoran juga masih menyisakan CAPEX atau belanja modal sebesar Rp 5,7 miliar dari total Rp 16 miliar yang dianggarkan perseroan pada kuartal III-2023.

“Hasil Positif yang berhasil ditorehkan ini menjadi modal kuat dan membuat manajemen BUAH semakin optimis untuk mencapai target di akhir tahun,” tegas Syanne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com