Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirkan Popok dengan Fitur Pencegah Infeksi Tali Pusar, Makuku Raih Penghargaan

Kompas.com - 07/12/2023, 08:45 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.comMakuku meraih penghargaan sebagai popok “Pertama di Indonesia dengan Fitur Belly Button U-shape Khusus Newborn” dari TRAS N CO.

Penghargaan itu diberikan atas inovasi jenama tersebut dalam menciptakan popok dengan fitur khusus untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tali pusar bayi.

Adapun penyerahan apresiasi dilakukan dalam Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo (IMBEX) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center Senayan (JCC), Jakarta Selatan, mulai Jumat (1/12/2023) hingga Minggu (3/12/2023). Makuku merupakan salah satu sponsor utama di acara tersebut.

Perlu diketahui, infeksi tali pusar merupakan salah satu penyebab kematian bayi. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlahnya mencapai 126.000 dari kelahiran hidup di Asia Tenggara.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Bayi, Makuku SAP Diapers Comfort Fit Hadir di 16.000 Gerai Alfamart Seluruh Indonesia

Tali pusar merupakan jalan masuk utama infeksi sistemik pada bayi baru lahir. Oleh karena itu, perawatan yang baik sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi.

Salah satu cara merawat tali pusar bayi adalah dengan menjaga agar kondisinya tetap kering, tidak terkena kencing, kotoran bayi, atau tanah.

Spesialis anak Primaya Evasari Hospital dr Desi Dewi Saraswati, SpA, menuturkan bahwa tali pusar yang dijepit akan tetap menempel pada pusar sebelum mengerut dan rontok selama minggu-minggu pertama kehidupan bayi (sekitar 7-14 hari).

“Tali pusar merupakan jalan masuk utama infeksi sistemik pada bayi baru lahir sehingga risiko infeksi mudah dihindari dengan perawatan tali pusar yang baik,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: Gencarkan Pengembangan Teknologi Produk Terbaru, Makuku Dry Care Gelar Edukasi Kesehatan Kulit di 3 Titik Posyandu Jabodetabek

Ia melanjutkan, salah satu cara merawat tali pusar bayi adalah dengan memastikan popok yang digunakan tidak menutupi tali pusar agar terkena udara sesering mungkin sehingga cepat kering.

“Popok yang bersentuhan dengan tali pusar bayi bisa menjadi media berpindahnya bakteri dari urine atau kotoran bayi sehingga tali pusar mengalami infeksi. Popok berfitur Belly Button U-shape dapat menjadi pilihan tepat para ibu untuk menjaga tali pusar tetap kering, tidak lembap, dan tidak bergesekan langsung dengan popok sehingga mencegah terjadinya infeksi pada tali pusar,” jelasnya.

Public Relations Manager Makuku Indonesia Titi Nurmalasari mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk yang dapat membantu memudahkan perawatan bayi baru lahir.

Salah satu inovasi tersebut, lanjutnya, dengan menghadirkan popok berfitur Belly Button U-shape. Berkat ini, orangtua tidak perlu lagi menggunting popok atau menyesuaikan posisi perekat di bawah pinggang untuk menciptakan ruang di tali pusar bayi.

“Selain berpengaruh terhadap elastisitas popok, hal tersebut tentu juga akan merepotkan bagi ibu,” katanya.

Baca juga: Makuku Hadir di IMBEX 2023 sebagai Brand Sponsor Utama

Sebagai informasi, selain fitur Belly Button U-Shape, Makuku juga memiliki tingkat penyerapan yang tinggi berkat teknologi super absorbent polymer (SAP) yang terdapat pada inti struktur penyerapnya.

Teknologi tersebut mampu menyerap cairan lebih cepat dan merata serta menguncinya sehingga mengurangi kebocoran dan menggumpal saat digunakan oleh si kecil. Hal ini juga mampu mengurangi risiko ruam popok yang terjadi pada kulit bayi karena mengurangi frekuensi terpaparnya urine secara langsung dengan kulitnya yang cenderung sensitif.

Terkait IMBEX 2023, Titi menuturkan, Makuku berkomitmen untuk mengambil peran dalam memberikan edukasi yang tepat kepada orangtua di Indonesia. Bekerja sama dengan para ahli, acara ini diharapkan dapat mengedukasi orangtua Indonesia, khususnya soal merawat tali pusar. Dengan begitu, risiko infeksi pada tali pusar dapat dicegah.

Saat ini, Makuku dengan fitur Belly Button U-shape hadir dalam berbagai varian, mulai dari Makuku SAP Comfort Fit, Makuku SAP Diapers Comfort+, Makuku SAP Diapers Slim, Makuku SAP Slim Care hingga Makuku SAP Diapers Pro Care dengan varian celana dan perekat (ukuran NB, S, M, L, XL, XXL).

Popok tersebut dapat dibeli secara offline di toko mitra Makuku ataupun toko online Makuku Indonesia Official di TikTok, Shopee, Lazada, dan Tokopedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com