Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan, dan Faktor yang Memengaruhi

Kompas.com - 08/12/2023, 10:40 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan ekonomi adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga kita. Tujuan utama negara mengadakan pembangunan ekonomi adalah guna menyejahterakan rakyatnya.

Mengutip laman British Columbia, ekonomi pembangunan adalah program, kebijakan atau kegiatan yang berupaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan kualitas hidup suatu masyarakat.

Nah pembangunan ekonomi ini sendiri kerap disamakan dengan pertumbuhan ekonomi. Sejatinya, pertumbuhan ekonomi juga merupakan bagian dari pembangunan ekonomi.

Faktor utama yang memengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDA), kepemilikan modal, dan kewirausahaan.

Baca juga: Pengertian Pembangunan Ekonomi, Tujuan, dan Indikator Keberhasilannya

Elemen pembangunan ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang melibatkan perubahan dan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan dalam suatu negara atau wilayah.

Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produksi, pendapatan per kapita, dan perbaikan standar hidup.

Proses ini mencakup sejumlah aspek yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Berikut adalah beberapa elemen kunci dari pembangunan ekonomi:

Baca juga: Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

1. Pertumbuhan ekonomi

Sering kali indikator ekonomi pembangunan adalah diukur melalui pertumbuhan ekonomi, yang mencerminkan peningkatan produksi barang dan jasa dalam suatu negara. Peningkatan ini dapat diukur dengan indikator seperti Produk Domestik Bruto (PDB).

2. Distribusi pendapatan

Tujuan dari pembangunan ekonomi adalah mencapai distribusi pendapatan yang lebih merata, mengurangi kesenjangan antara kelompok-kelompok masyarakat yang kaya dan miskin.

3. Pendidikan dan kesehatan

Pembangunan ekonomi mencakup peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta pelayanan kesehatan. Pendidikan dan kesehatan yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat.

4. Pengentasan kemiskinan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com