Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 06/12/2023, 11:09 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang mungkin masih awam terkait perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi. Keduanya memang kerap ditafsirkan sama.

Mengutip lama Shiksha, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi selama ini menjadi indikator kemajuan dan kesejahteraan ekonomi suatu negara.

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yakni pada lingkupnya. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan kondisi ekonomi negara secara kuantitatif atau sebatas angka.

Sedangkan pembangunan ekonomi adalah konsep yang lebih luas, mencakup peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup penduduk suatu negara secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi, Rumus, dan Contohnya

7 perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi

Mengutip laman Economics Helps, pertumbuhan ekonomi berarti peningkatan pendapatan riil nasional/output nasional yang biasanya diukur dari produk domestik bruto (PDB).

Sedangkan pembangunan ekonomi berarti peningkatan kualitas hidup dan standar hidup, misalnya peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan angka melek huruf, harapan hidup warganya, dan kualitas layanan kesehatan.

Berikut setidaknya 7 perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi:

Tabel perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.
  Pertumbuhan ekonomi Pembangunan ekonomi
Definisi Pertumbuhan ekonomi mengacu pada peningkatan output atau nilai total dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu, biasanya diukur dalam bentuk Produk Domestik Bruto (PDB). Pembangunan ekonomi mencakup aspek-aspek yang lebih luas daripada pertumbuhan ekonomi. Ini melibatkan perubahan struktural dan transformasi dalam masyarakat yang berdampak pada kesejahteraan ekonomi dan sosial.
Fokus Biasanya, pertumbuhan ekonomi berfokus pada peningkatan kapasitas ekonomi dan ukuran ekonomi suatu negara. Pembangunan ekonomi lebih fokus pada perbaikan kualitas hidup, distribusi pendapatan yang lebih adil, peningkatan akses terhadap pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.
Pengukuran Pengukuran pertumbuhan ekonomi dapat dilakukan dengan melihat perubahan PDB, pendapatan per kapita, dan indikator ekonomi lainnya. Pengukuran pembangunan ekonomi melibatkan parameter-parameter seperti indeks pembangunan manusia (IPM), tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan faktor-faktor sosial lainnya.
Waktu Lebih sering berfokus pada perubahan jangka pendek dalam produksi dan pendapatan ekonomi. Melibatkan perubahan jangka panjang yang mencakup aspek-aspek kehidupan masyarakat.
Perubahan struktural Lebih terkait dengan peningkatan produksi dan pendapatan tanpa mempertimbangkan distribusi pendapatan atau perubahan sosial yang signifikan. Menyertakan perubahan struktural dalam masyarakat, seperti peningkatan pendidikan, kesehatan, dan perubahan sosial yang lebih luas.
Tujuan Bertujuan untuk meningkatkan ukuran dan kapasitas ekonomi suatu negara. Bertujuan untuk mencapai kesejahteraan yang berkelanjutan dan merata dalam masyarakat.
Indikator Umumnya menggunakan PDB Menggunakan standar kualitas hidup dan standar hidup, misalnya peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan angka melek huruf, harapan hidup warganya, dan kualitas layanan kesehatan.

Meskipun pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi saling terkait, penting untuk memahami bahwa pertumbuhan ekonomi hanya merupakan satu aspek dari pembangunan ekonomi yang lebih luas.

Sebuah negara dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi tanpa mencapai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Baca juga: 10 Indikator Pertumbuhan Ekonomi yang Paling Banyak Digunakan

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yakni pada definisi dan pengukurannya.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yakni pada definisi dan pengukurannya.

Mengukur pembangunan ekonomi

Perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi lainnya adalah pada penghitungannya. Menghitung pertumbuhan ekonomi relatif lebih mudah. Sementara variabel perhitungan pembangunan ekonomi cukup beragam.

Pembangunan ekonomi diukur dengan berbagai indikator yang mencakup aspek-aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Berikut adalah beberapa indikator penting yang digunakan untuk menilai pembangunan ekonomi suatu negara:

1. Produk domestik bruto (PDB)

 PDB mengukur nilai total barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam suatu periode waktu. PDB sering digunakan sebagai indikator utama pertumbuhan ekonomi.

2. Pendapatan per kapita

Pendapatan per kapita adalah PDB dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara. Pendapatan per kapita ini menunjukkan seberapa banyak rata-rata penduduk menerima dari kekayaan yang dihasilkan.

3. Indeks pembangunan manusia (IPM)

IPM mengukur kesejahteraan masyarakat dengan mempertimbangkan pendapatan, harapan hidup, dan akses pendidikan. IPM memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kondisi kehidupan masyarakat.

4. Tingkat kemiskinan

Mengukur persentase penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan. Angka kemiskinan ini menunjukkan tingkat ketidaksetaraan ekonomi dan distribusi pendapatan.

5. Tingkat pengangguran

Persentase angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan. Angka pengangguran menggambarkan kesehatan sektor ketenagakerjaan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

6. Pendidikan

Pendidikan adalah tingkat literasi, akses ke pendidikan, dan kualitas pendidikan. Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

7. Kesehatan

Indikator kesehatan seperti harapan hidup, tingkat kematian anak, dan akses ke layanan kesehatan. Kesehatan yang baik mendukung produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Ada cukup banyak pembeda antara perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.

Semoga informasi seputar perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi bermanfaat.

Baca juga: Suatu Perekonomian Dikatakan Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Apabila...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com