Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Shop “Come Back”, Pelanggan Sudah Bisa Belanja 12.12

Kompas.com - 11/12/2023, 14:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TikTok resmi membuka kembali layanan dagangnya yakni TikTok Shop setelah resmi ditutup pada awal Oktober 2023.

Dengan pembukaan TikTok Shop tersebut, pelanggan bisa kembali berbelanja di TikTok lewat fitur belanja atau “Shop Tab” pada Selasa (12/12/2023).

Hal itu menyusul arahan dari manajemen TikTok yang meminta para mantan pedagangnya atau seller untuk mengelola produk di seller center pada Senin (11/12/2023).

Baca juga: TikTok Shop Buka Lagi, Manajemen Surati Mantan Seller untuk Kembali Berjualan

“Mulai Senin 11 Desember 2023 pada pukul 9.00 WIB Seller dapat mengakses dan mengelola produk di Seller Center. Pelanggan juga bisa membeli produk melalui Shop Tab, Video Pendek, dan Sesi Live di aplikasi TikTok pada Selasa, 12 Desember 2023,” tulis manajemen dalam suratnya yang dikirim kepada mantan seller TikTok Shop.

Hadirnya kembali layanan dagangannya TikTok ini dilakukan menyusul adanya kerjasama antara TikTok dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Dengan kerjasama itu, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Untuk diketahui juga penutupan TikTok Shop yang dilakukan pada Oktober kemarin, menyusul adanya Permendag nomor 31 Tahun 2023 Tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam baleid itu pemerintah melarang social commerce bergabung dengan mesia sosial.

Selain itu, dalam aturan itu social commerce dilarang memproduksi dan menjual produknya sendiri.

Baca juga: TikTok-GoTo Resmi Berkongsi, Menkop: Jangan Jual Barang Impor Ilegal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com