Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin OJK Terbit, BSI Jadi Bank Syariah Pertama yang Sediakan Layanan RDN Online

Kompas.com - 14/12/2023, 10:44 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadi bank syariah pertama di Indonesia penyedia layanan Rekening Dana Nasabah (RDN) secara online.

Direktur Sales & Distribution Anton Sukarna mengatakan, BSI mendapatkan persetujuan resmi dari OJK pada 1 Desember 2023 untuk membuka layanan pembukaan RDN secara online. Hal ini menjadikan BSI sebagai bank syariah pertama penyedia layanan RDN berbasis online di Indonesia.

"BSI merupakan bank umum syariah pertama yang telah mendapatkan perizinan menyelenggarakan RDN online,” kata Anton dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (14/12/2023).

Baca juga: Buka Kantor Cabang di Uni Emirat Arab, BSI Lebarkan Bisnis Internasional

Pada tahap awal, BSI menjalin kerja sama dengan Mandiri Sekuritas sehingga masyarakat dapat melakukan pembukaan RDN secara online melalui link webiste Mandiri Sekuritas :https://join.most.co.id/syariah. Adapun target akuisisi tahap awal ini sebanyak lebih dari 97.000 rekening.

Anton mengungkapkan, keberadaan RDN online di industri perbankan syariah tidak hanya menciptakan kemudahan bagi nasabah, tetapi juga menciptakan peluang pertumbuhan bagi BSI.

“Dengan langkah ini kami berharap tidak hanya menjadi bank yang memfasilitasi aktivitas ekonomi dalam ekosistem industri halal, tetapi kami dapat menangkap peluang bisnis di pasar modal syariah Indonesia,” imbuh dia.

Anton menambahkan, BSI juga akan meningkatkan literasi keuangan syariah, khususnya di industri pasar modal Indonesia dengan RDN online sebagai gerbang masuknya.

BSI yang saat ini menjadi satu-satunya bank umum syariah yang telah mendapatkan izin resmi menyelenggarakan RDN online, memberi kesempatan bank syariah menggarap instrumen efek lainnya di pasar modal Indonesia.

“Dengan langkah inisiasi ini, kami berharap BSI tidak hanya dapat menghadirkan inovasi dalam layanan perbankan, tetapi juga mendorong pengembangan ekosistem perbankan syariah dan investasi di Indonesia sehingga dapat menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tutup Anton.

Baca juga: Mengenal Rekening Dana Nasabah dan Fungsinya bagi Investor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com