Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Tingkatkan Daya Tarik Belanja "Online", Transaksi Shopee Live dan Pesanan Shopee Video Naik Signifikan di 12.12 Birthday Sale

Kompas.com - 16/12/2023, 08:01 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengalaman belanja yang berbeda menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat, khususnya pada 2023. 

Mencermati tren perilaku konsumen pada tahun ini, berbelanja melalui fitur live streaming menjadi daya tarik utama karena menghadirkan pengalaman menyenangkan lantaran penuh dengan interaksi. 

Tidak hanya menghadirkan medium untuk para pelaku usaha untuk menjangkau konsumennya, belanja secara live streaming juga turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan industri lokal. 

Salah satunya, melalui adaptasi dan inovasi yang dilakukan untuk semakin meningkatkan daya tarik serta menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan, baik pembeli maupun penjual.

Baca juga: Produk Fesyen dan Kecantikan dari Brand Lokal Laris Manis di Shopee 12.12 Birthday Sale

Kecenderungan berbelanja online masyarakat yang dinamis selalu menarik untuk diperhatikan, khususnya pada periode di mana euforia belanja sedang tinggi, seperti momen akhir tahun. 

Konten visual yang kreatif dan informatif pun turut memengaruhi keputusan berbelanja. 

Shopee Video, misalnya, menjadi salah satu ruang kreasi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan brand Lokal untuk memberikan informasi dan hiburan mengenai produknya melalui konten video pendek yang menarik. 

Adapun pada momentum 12.12 Birthday Sale, terjadi lonjakan antusiasme pengguna dalam memanfaatkan fitur tersebut. Utamanya, pada puncak kampanye, peningkatan pesanan melalui Shopee Video mencapai 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, sejak awal hadir di tengah masyarakat, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya Shopee dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee. Dok. Istimewa Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, sejak awal hadir di tengah masyarakat, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan bentuk upaya Shopee dalam memberikan apresiasi akan dukungan seluruh ekosistem yang telah bersinergi untuk terus tumbuh dan berkembang bersama Shopee.

Baca juga: Transaksi Produk Lokal di Shopee 12.12 Birthday Sale 2023 Melonjak 10 Kali Lipat

Selain kreasi konten video, fitur live streaming juga masih menjadi gaya belanja yang menarik perhatian pengguna. 

Pada kampanye 12.12 Birthday Sale tahun ini, sesi Shopee Live berhasil mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12. 

Tingginya antusiasme masyarakat membuka peluang yang lebih besar bagi pelaku usaha lokal untuk meningkatkan performa dan penjualan. 

Adapun unteraksi yang dihadirkan, keseruan saat mempromosikan sebuah produk, serta kemudahan dalam menjawab pertanyaan calon pembeli, merupakan tiga dari banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Shopee Live.

Baca juga: TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale Sukses Hibur Penonton, Ada Goyang Shopee Bareng JKT48, Lyodra, Mahalini, dan Rizky Febian

Melihat tingginya aktivitas belanja di tengah momentum menyambut akhir tahun, periode ini dapat menjadi ruang dalam menghadirkan kesempatan dan peluang lebih besar. 

Melalui kampanye 12.12 Birthday Sale yang ikonik, keseruan penawaran pada Shopee Live dan Shopee Video menjadi bagian dari rangkaian semarak 8 tahun Shopee beroperasi. 

Interaksi dan keseruan yang dihadirkan melalui pengalaman belanja yang menarik perhatian pengguna, puncak kampanye 12.12 Birthday Sale, mencatatkan peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com