Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Ini Bantu Konsultasi Hukum Online Gratis dan "Real Time"

Kompas.com - 19/12/2023, 18:08 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkat digitalisasi, konsultasi hukum kini bisa dilakukan kapan saja, di mana saja baik melalui chat, voice call hingga video call. Salah satu konsultasi hukum via aplikasi yang tersedia gratis adalah Perqara.

Aplikasi konsultasi hukum karya anak bangsa ini tersedia di Google Play Store dan App Store sejak November 2023.

"Melalui Perqara, siapa pun dapat melakukan konsultasi hukum
gratis dengan ratusan advokat yang telah terverifikasi dan tersebar pada lebih dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia," kata founder Perqara, Yakup Hasibuan, melalui keterangan pers, Selasa (19/12/2023).

Yakup juga menjelaskan bahwa Perqara tidak hanya ingin beradaptasi pada perubahan perilaku masyarakat yang secara perlahan mulai mengandalkan teknologi digital, namun juga secara aktif mendorong perubahan tersebut.

“Konsultasi hukum gratis merupakan langkah awal dari banyaknya layanan-layanan hukum lainnya yang akan didigitalisasi,” lanjutnya.

Baca juga: Cepat dan Praktis, Jasa Hukum Top Legal Layani Bantuan dan Konsultasi Hukum secara Online

Yakup mengatakan, aplikasi Perqara dirancang untuk membuat konsultasi hukum online terasa secara real-time, mulai dari fitur pengiriman file dan dokumen hingga sistem konsultasi langsung.

Dengan demikian, yang membuat pengguna tidak perlu membuat janji dengan advokat.

"Pengguna juga dapat memilih advokat dengan keahlian yang sesuai dengan permasalahan hukumnya, seperti pidana, perdata umum, ketenagakerjaan, pertanahan, waris dan masih banyak lagi," lanjutnya.

Menurut Yakup, dengan melakukan transformasi digital di industri hukum, akan meningkatkan akses
keadilan bagi seluruh masyarakat di mana pun mereka berada.

Selain itu, penggunaan
teknologi diharapkan dapat menghilangkan jarak yang ada antara advokat dengan pencari keadilan.

“Untuk mendapatkan perubahan dan transformasi yang menyeluruh, dibutuhkan komitmen dan kolaborasi antara seluruh pemegang kepentingan khususnya pemerintah, dan penegak hukum lainnya,” ujar Yakup.

Baca juga: MOST Kini Hadir di Aplikasi Livin Bank Mandiri, Simak Promo, Fitur, hingga Cara Buka Rekeningnya

 

Layanan telekonsultasi hukum

Sebelumnya, layanan telekonsultasi seperti untuk medis hingga hukum berkembang seiring maraknya digitalisasi pascapandemi Covid-19.

CEO Jago Hukum Christian Samosir sebelumnya mengatakan, pasar digital di Indonesia tumbuh subur seiring tuntutan masyarakat terhadap layanan yang sederhana, mudah dan efektif.

Dia menjelaskan, ada peluang yang cukup besar dalam pengembangan aplikasi telekonsultasi, seperti layanan konsultasi hukum berbasis online.

“Mayoritas masyarakat saat ini buta hukum, dan kondisi ini diperparah dengan keengganan mereka untuk mencari bantuan dalam menghadapi masalah. Maka itu, konsultasi dibutuhkan supaya mereka tahu persis hak-hak dan kedudukannya dalam hukum,” kata Christian melalui siaran pers, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com