Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pencurian di Bus Rosalia Indah, YLKI: Manajemen PO Harus Ganti Rugi

Kompas.com - 24/12/2023, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai manajemen Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah harus melakukan ganti rugi kepada penumpang yang kehilangan barang saat menggunakan layanan bus.

Hal ini mengacu pada kejadian pencurian gadget iPad yang dialami seorang penumpang bus PO Rosalia Indah rute Wonosobo-Jakarta pada (19/12/2023).

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, PO bus harus memberikan ganti rugi kepada konsumen sebagai bentuk kompensasi atas kegagalan pihak manajemen yang gagal menjaga keamanan penumpang.

Baca juga: Kasus Pencurian di Bus Rosalia Indah, Pengamat Usulkan PO Tiru KAI

"Seharusnya pihak managemen Rosalia tetap mengganti rugi pada konsumen, karena merupakan kegagalan dari pihak managemen Rosalia," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Minggu (24/12/2023).

Padahal menurutnya, keamanan selama perjalanan merupakan hak dasar konsumen sebagai penumpang yang harus dipenuhi oleh PO bus.

"Kalau tidak aman, untuk apa konsumen bayar tarif?" kata Tulus.

Baca juga: Krisis Rosalia Indah: Pentingnya Respons Cepat dan Transparan Era Digital

Untuk menjamin keamanan tersebut, PO bus seharusnya memasang kamera pengawas atau CCTV di dalam kabin bus sehingga segala aktivitas penumpang di dalam bus bisa terpantau.

Memiliki CCTV di dalam kabin menjadi hal yang wajib meskipun dari regulator tidak mewajibkan PO-PO bus untuk memasang CCTV di dalam kabin sebagai standar pelayanan minimum (SPM).

"Ada atau tidak ada (regulasinya), seharusnya (pemasangan CCTV) menjadi concern managemen PO bus demi menciptakan rasa aman bagi penumpang," jelasnya.

Baca juga: BPKN: iPad Hilang di Rosalia Indah, Penumpang Berhak Dapat Ganti Rugi

Jika terjadi kasus pencurian seperti ini, maka tingkat kepercayaan masyarakat untuk menggunakan bus sebagai moda transportasi umum pilihan menjadi menurun.

Terlebih, kasus pencurian dengan modus mengganti barang curian dengan buku dan keramik ini kerap terjadi di PO Rosalia Indah maupun PO-PO lainnya.

Bahkan, kasus pencurian di transportasi umum juga pernah terjadi pada dua penumpang kereta api kelas eksekutif Tawang Jaya rute Semarang Poncol-Pasar Senen pada Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: iPad Hilang di Rosalia Indah, Ini Tanda Pencuri Beraksi di Dalam Bus

Namun bedanya, pada kasus ini pelaku dapat ditemukan dan ditangkap karena terekam CCTV yang dipasang di dalam kereta.

"Kejadian ini bukan kali pertama, pada PO bus yang lain termasuk di KA eksekutif. Nah pihak managemen KA memasang CCTV sehingga si malingnya bisa ditangkap," tuturnya.

Sebagai informasi, kasus pencurian di dalam bus AKAP milik PO Rosalia Indah viral di media sosial sejak Rabu (20/12/2023).

Baca juga: iPad Hilang di Rosalia Indah, Ini Tanda Pencuri Beraksi di Dalam Bus

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com