Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan Ekonomi Apa Saja yang Dapat Dilakukan dengan Adanya Tanaman Jarak?

Kompas.com - 29/12/2023, 10:20 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Tanaman jarak merupakan salah satu sumber energi nabati pengganti bahan bakar minyak (BBM). Nah kegiatan ekonomi apa yang dapat dilakukan dengan adanya tanaman jarak?

Mengutip laman Science Direct, manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah sebagai sumber energi dari tanaman atau nabati, di mana biji jarak dapat diolah menjadi biodiesel.

Biodiesel berkembang menjadi salah satu biofuel yang paling banyak digunakan sebagai pengganti sebagian bahan bakar diesel berbasis minyak bumi, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Bahan baku yang paling banyak digunakan untuk produksi biodiesel adalah minyak nabati. Biji jarak menghasilkan energi alternatif pengganti solar. Tanaman ini pun sejatinya sangat mudah dibudidayakan meskipun di lahan yang kurang subur sekalipun.

Tanaman jarak, juga dikenal sebagai Jatropha curcas, adalah tumbuhan yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis.

Baca juga: Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya?

Biji jarak menghasilkan energi alternatif

Tanaman jarak adalah semak atau pohon kecil yang dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 3-5 meter. Daunnya bersirip dan berbentuk hati, dan buahnya berupa kapsul yang mengandung biji minyak.

Buah jarak dapat diolah menjadi minyak. Minyak jarak biasanya memiliki sifat-sifat yang mendukung penggunaan sebagai bahan bakar alternatif.

Dalam pengolahannya, minyak dari biji jarak dapat diolah menjadi biodiesel melalui proses transesterifikasi. Biodiesel jarak dianggap sebagai sumber energi terbarukan yang dapat menggantikan sebagian bahan bakar fosil.

Selain biji jarak dapat diolah menjadi biodiesel, tanaman jarak juga memiliki sejumlah aplikasi tradisional dan penggunaan alternatif. Buah jarak dapat diolah menjadi sebagai bahan baku untuk produksi sabun dan pelumas.

Baca juga: Contoh Kegiatan Ekonomi yang Dilakukan oleh Rumah Tangga Konsumen

Manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi

Selain menjadi sumber energi nabati, manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah memberdayakan petani. Tanaman jarak dapat memberikan sumber pendapatan bagi petani, terutama di daerah yang tidak cocok untuk tanaman pangan lainnya.

Petani dapat memanfaatkan penanaman jarak untuk memperoleh hasil biji yang kemudian dijual.

Penanaman tanaman jarak dapat memberdayakan masyarakat lokal, terutama di daerah pedesaan. Ini dapat menciptakan pekerjaan, meningkatkan pendapatan, dan memberikan alternatif ekonomi bagi komunitas yang mungkin menghadapi tantangan ekonomi.

Penggunaan tanaman jarak sebagai sumber biodiesel membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan berkontribusi pada diversifikasi sumber energi. Hal ini memiliki implikasi positif dalam rangka mencapai keberlanjutan energi.

Baca juga: Orang atau Lembaga yang Melakukan Kegiatan Ekonomi Disebut Apa?

Selain biodiesel, manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah bahan baku produk turunan, beberapa produk biji jarak dapat diolah menjadi produk turunan seperti sabun dan pelumas, dapat dihasilkan. Ini menciptakan peluang bisnis tambahan dan diversifikasi produk.

Buah jarak dapat diolah menjadi bahan baku untuk industri, seperti produksi cat, resin, dan bahan kimia lainnya. Hal ini dapat mendukung industri lokal dan membuka peluang investasi.

Manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah dapat membuka peluang untuk pengembangan industri perkebunan.

Perusahaan dapat terlibat dalam pengolahan biji jarak menjadi produk bernilai tambah, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan kontribusi ekonomi lokal.

Jadi kesimpulannya, kegiatan ekonomi apa yang dapat dilakukan dengan adanya tanaman jarak adalah penggerak ekonomi sektor energi dan pertanian. Di mana buah jarak dapat diolah menjadi biodiesel dan produk turunan.

Kegiatan ekonomi apa yang dapat dilakukan dengan adanya tanaman jarak? Manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah sebagai sumber energi alternatif yang mana buah jarak dapat diolah menjadi biodiesel. Selain itu biji jarak dapat diolah menjadi produk turunan seperti sabun.SHUTTERSTOCK/KLEPACH Kegiatan ekonomi apa yang dapat dilakukan dengan adanya tanaman jarak? Manfaat tumbuhan jarak di bidang ekonomi adalah sebagai sumber energi alternatif yang mana buah jarak dapat diolah menjadi biodiesel. Selain itu biji jarak dapat diolah menjadi produk turunan seperti sabun.

Baca juga: Pengertian Kegiatan Ekonomi, Jenis, Tujuan, dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com