Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tangga dalam Kegiatan Ekonomi Merupakan Pemilik Faktor Produksi Apa?

Kompas.com - 29/12/2023, 08:59 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Rumah tangga dalam kegiatan ekonomi merupakan pemilik faktor tenaga kerja, lahan, modal dan kewirausahaan. Perannya juga sekaligus sebagai konsumen atau pengguna barang atau jasa.

kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumen adalah membeli kebutuhan pokok di pasar, membeli makan di warung atau restoran, membeli tiket bioskop, dan sebagainya.

Selain itu, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumsi adalah berlibur ke tempat wisata, menggunakan jasa pangkas rambut, membeli BBM di SPBU, dan lainnya.

Disebutkan, pelaku ekonomi yang merupakan pemilik faktor produksi disebut rumah tangga konsumsi.

Mengutip laman Badan Pusat Statistik (BPS), rumah tangga merupakan konsumen atau pemakai barang dan jasa sekaligus juga pemilik faktor-faktor produksi tenaga kerja, lahan, modal dan kewirausahaan.

Baca juga: Apa Saja Perbedaan Kegiatan Ekonomi Tradisional dengan Kegiatan Ekonomi Kreatif?

Rumah tangga menjual atau mengelola faktor-faktor produksi tersebut untuk memperoleh balas jasa. Balas jasa atau imbalan tersebut adalah upah, sewa, bunga dividen, dan laba yang merupakan komponen penerimaan atau pendapatan rumah tangga.

Penerimaan lain yang mungkin diperoleh rumah tangga adalah transfer (pemberian cuma-cuma), perkiraan pendapatan (imputasi) dari rumah milik rumah tangga tersebut yang ditempati sendiri atau ditempati pihak lain dengan bebas sewa, dan hasil produksi barang/jasa dari kegiatan yang tidak digolongkan sebagai kegiatan usaha rumah tangga.

Transfer yang diterima berasal dari pemerintah, badan usaha, lembaga nirlaba, rumah tangga lain, maupun dari luar negeri.

Ada dua cara penggunaan pendapatan. Pertama, membelanjakannya untuk barang-barang konsumsi. Kedua, tidak membelanjakannya seperti ditabung.

Pengeluaran konsumsi dilakukan untuk mempertahankan taraf hidup. Pada tingkat pendapatan yang rendah, pengeluaran konsumsi umumnya dibelanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan pokok guna memenuhi kebutuhan jasmani.

Baca juga: Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya?

Konsumsi makanan merupakan faktor terpenting karena makanan merupakan jenis barang utama untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Akan tetapi terdapat berbagai macam barang konsumsi (termasuk sandang, perumahan, bahan bakar, dan sebagainya) yang dapat dianggap sebagai kebutuhan untuk menyelenggarakan rumah tangga.

Keanekaragamannya tergantung pada tingkat pendapatan rumah tangga. Tingkat pendapatan yang berbeda-beda mengakibatkan perbedaan taraf konsumsi.

Apabila penerimaan rumah tangga dikurangi dengan pengeluaran untuk konsumsi dan untuk transfer, maka diperoleh nilai tabungan rumah tangga.

Kalau perilaku konsumsi memperlihatkan dasar pendapatan yang dibelanjakan, maka tabungan adalah merupakan unsur penting dalam proses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Baca juga: Pelaku Kegiatan Ekonomi Masyarakat Terbagi dalam Rumah Tangga Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com