Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Chatib Basri: Ekonom yang Cemerlang, Aktivis yang Gigih...

Kompas.com - 02/01/2024, 21:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom senior Rizal Ramli meninggal dunia, Selasa (2/1/2024). Rizal meninggal dunia di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada pukul 19.30 WIB.

"Innalillahi wa inna illaihi rojiuun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," demikian bunyi pesan singkat yang diterima Kompas.com.

Mantan menteri keuangan Chatib Basri menanggapi kabar Rizal Ramli meninggal dunia. Menurut Chatib, dirinya mengenal Rizal semenjak duduk di bangku kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI).

Baca juga: Rizal Ramli Meninggal Dunia

"Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Turut berduka cita atas meninggalnya senior saya Dr. Rizal Ramli," tulis Chatib pada akun X-nya, @mchatibbasri.

Chatib menjelaskan, Rizal adalah sosok ekonom yang cemerlang. Selain itu, Rizal juga merupakan seorang aktivis yang gigih.

"Saya mengenal Rizal sejak zaman mahasiswa dulu. Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih," tutur Chatib.

Tidak hanya itu, Chatib juga mengenang ketika dirinya menjabat menteri keuangan. Kala itu, tutur dia, Rizal kerap melontarkan kritik yang sangat pedas, namun ia meyakini kritik Rizal Ramli tersebut untuk kondisi Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Rizal Ramli: Negara-negara Produsen Beras Mulai Mengerem Ekspor

"Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," ujar Chatib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com