Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Haurpugur-Cicalengka Tidak Bisa Dilalui akibat Kecelakaan KA Turangga dan Commuter Line, KAI Bakal Berlakukan Rekayasa Operasi

Kompas.com - 05/01/2024, 08:48 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaporkan, jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung dan Commuterline Bandung Raya di Km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada pukul 06.03 WIB tadi.

Untuk itu, KAI akan melakukan rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain bagi perjalanan kereta api yang dijadwalkan melintas di jalur ini.

Baca juga: KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya Bertabrakan, Kemenhub Kerahkan Tim Teknis

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya mengevakuasi para penumpang di kedua kereta api yang menggalami musibah tersebut.

"Jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, Polisi: 3 Orang Tewas


Setelah selesai mengevakuasi para korban kecelakaan, KAI akan mengevakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com