Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Merancang Karier Baru pada 2024

Kompas.com - 05/01/2024, 18:52 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, ada segudang rencana dan harapan baru yang bisa direalisasikan. Salah satunya adalah karier.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya ada saja hal yang bisa diambil untuk lebih memantapkan jejang karier. Oleh sebab itu, dibutuhkan perencanaan yang matang agar target-target tersebut bisa terealisasi.

Mengutip dari laman resmi JobStreet, Jumat (5/1/2024), berikut adalah tips merancang karir baru di tahun baru.

Baca juga: Portofolio Karier

1. Organisir prioritas resolusi

Kadang, di tengah kegiatan sehari-hari kamu, sulit mendapatkan kesempatan untuk meninjau posisi kamu sekarang. Saat kita terbawa oleh kesibukan, kesempatan tersebut terhalang oleh deadline yang mendekat, jadwal yang padat, juga banyaknya tugas yang perlu dilakukan. 

Pertama dan yang paling pasti, kamu harus mulai rancang resolusi untuk tahun yang baru dengan menetapkan apa saja yang akan diprioritaskan. Buat tujuan-tujuan yang spesifik dan bisa terukur.

Resolusi karir, misalnya, bisa tentang mendapatkan kenaikan pangkat, menaikkan pendapatan, atau mempelajari keterampilan baru.

2. Lakukan evaluasi karier

Beristirahatlah sejenak, dan evaluasi kariermu secara jujur. Apakah kamu menuju ke arah yang tepat, atau arah yang kurang sesuai dengan tujuan jangka panjangmu? Kalau arah kariermu kurang sesuai dengan impianmu, cobalah evaluasi, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengarahkannya ke arah yang sesuai.

Catatlah evaluasi yang telah kamu pikirkan, dan bandingkan dengan resolusi yang kamu buat tahun lalu. 

Baca juga: 5 Penyebab Orang Memilih Berganti Karier, Tak Senang hingga Tantangan

3. Iintrospeksi diri

Pastikan bahwa resolusi tahun baru tidak terlalu ambisius. Ingat, meskipun bermimpi dengan tinggi itu baik, akan lebih baik lagi jika hal itu bisa dicapai. Pisahkan tujuan akhirmu menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dilewati satu per satu untuk membantu sampai ke tujuan.

Pikirkan tentang pencapaian dan pengalamanmu, apa saja keterampilan, sifat, dan ciri khas pribadi yang telah membantumu menghadapi tantangan di masa lalu.

4. Bangun jaringan profesional

Pastikan bahwa kamu tetap terhubung dengan orang lain baik di industri kamu atau pun di luar. Satu hal yang pasti kesempatan tidak bisa diantisipasi kedatangannya, namun yang kamu bisa antisipasi adalah sebesar apa kemungkinan kamu mendapatkan kesempatan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com