Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Setop Jual Pepsi dan Lay’s di 4 Negara Buntut Kenaikan Harga

Kompas.com - 05/01/2024, 17:25 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Carrefour mengumumkan berhenti menjual produk PepsiCo di Perancis pada Kamis (4/1/2024). Langkah tersebut diambil lantaran adanya kenaikan harga yang tidak dapat ditoleransi.

Adapun langkah serupa juga diikuti Carrefour di tiga negara Eropa lainnya yaitu Italia, Spanyol, dan Belgia. Karenanya, toko-toko di empat negara tersebut memajang catatan di samping produk Pepsi, dan keripik Lay’s bahwa produk tidak dijual.

“Kami tidak lagi menjual merek ini karena kenaikan harga yang tidak dapat diterima. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan,” lapor afiliasi CNN, BFM-TV, dikutip dari CNN, Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Lampaui Target, Belanja Negara Tembus Rp 3.121,9 Triliun Sepanjang 2023

CNN menyebutkan, laporan Reuters mengatakan bahwa Carrefour sejak September 2023 telah mulai menentang perusahaan makanan terkait penyusutan ukuran produk, namun harganya tetap mahal.

Namun, CEO PepsiCo Ramon L. Laguarta mengatakan, laporan pendapatan pada bulan Oktober menunjukkan bahwa perusahaan mengantisipasi inflasi yang lebih tinggi dalam bisnisnya, yang mana menjaga harga produk tetap tinggi tahun ini.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Pakai Amplop, Cegah Belanja Berlebihan

Di sisi lain, CNN menyebutkan, Nestlé, Unilever (UL), Coca-Cola (KO) dan Procter & Gamble (PG) juga telah menaikkan harga produk selama dua tahun terakhir, sehingga membebankan kenaikan harga kepada pembeli.

Hal ini menyebabkan negosiasi yang tegang antara peritel dan perusahaan makanan, kemudian dalam beberapa kasus perselisihan tersebut menyebabkan produk bermerek ditarik dari toko untuk sementara waktu.

Baca juga: Realisasi Belanja Negara Masih 80 Persen, Kemenkeu: Hal yang Lazim Terjadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com