Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Waris Bisnis L'Oreal Jadi Wanita Terkaya di Dunia, Hartanya Rp 1.491 Triliun

Kompas.com - 05/01/2024, 16:57 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Ahli waris bisnis kosmetik L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers menjadi wanita terkaya di dunia dengan kekayaan 96,1 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 1.491 triliun (kurs Rp 15.516 per dollar AS) berdasarkan Bloomberg Billionaires Index.

Dikutip dari Bloomberg Billionaires Index, Jumat (5/1/2024), Francoise Bettencourt Meyers berada pada urutan ke-14 sebagai orang terkaya di dunia.

Pada hari sebelumnya, jumlah kekayaan Francoise Bettencourt Meyers mencapai 100 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.551 triliun dan menempatkannya pada posisi pertama sebagai wanita terkaya di dunia mengungguli ahli waris bisnis ritel Walmart, Allice Walton.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di RI dan Ke-24 di Dunia, Ini Sumber Kekayaan Prajogo Pangestu

Saham L'Oreal berada pada rekor tertinggi. Saham tersebut telah meningkat 35 persen sepanjang 2023, yang ditopang oleh tingginya daya beli masyarakat pada produk-produk kecantikan sejak pandemi Covid-19 terjadi.

Berdasarkan data internal dari L’Oréal, pada tahun 2022 Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki lebih dari 34 persen saham L’Oréal.

Bettencourt Meyers adalah anak tunggal dari pasangan Liliane Bettencourt dan Andre Bettencourt. Liliane Bettencourt adalah ahli waris merek L’Oréal, dari ayahnya Eugène Schueller yang merupakan founder L’Oréal. Sementara Andre Bettencourt adalah seorang politisi asal Perancis.

Baca juga: Ditanya Berani Kejar Pajak 100 Orang Terkaya, Anies: Emang Ada Utang Budi Apa?

Bettencourt Meyers mewarisi harta kepemilikan ibunya ketika Liliane Bettencourt meninggal pada tahun 2017. Salah satu perusahaan kosmetik terbesar di dunia itu memiliki portofolio merek kecantikan yang sangat luas mulai dari Lancome hingga Maybelline.

Adapun penjualan dari semua merek yang dimiliki oleh L’Oréal pada tahun 2022 tercatat sebesar 42 miliar dollar AS.

Awal tahun ini, L’Oreal membeli merek milik Australia Aesop dengan nilai kesepakatan senilai 2,5 miliar dollar AS. Akuisisi merek tersebut adalah yang terbesar yang pernah dilakukan oleh raksasa kecantikan Perancis itu.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya Dunia yang Hartanya Melonjak Drastis

Sebelumnya pada 2028, L’Oreal juga mengakuisisi merek YSL Beauté senilai 1,7 miliar dollar AS berdasarkan Dealogic.

Walau demikian, kekayaan Bettencourt Meyers masih relatif kecil jika dibandingkan dengan bos LVMH Bernard Arnault. Bos perusahaan tersebut memiliki jumlah kekayaan bersih sebesar 179 miliar dollar AS.

Berdasarkan Forbes Real Time Billionaires, terdapat top 5 wanita terkaya di dunia. Posisi pertama ditempati oleh Francoise Bettencourt Meyers, lalu posisi kedua oleh Alice Walton dengan nilai kekayaan bersih 61,3 miliar dollar AS.

Pada posisi ke-3 ada Julia Koch and Family dengan nilai kekayaan bersih mencapai 59 miliar dollar AS. Lalu, ada ahli waris perusahaan permen dan cokelat Jacqueline Mars dengan nilai kekayaan bersih sebesar 38,9 miliar dollar AS. Di posisi kelima ada novelis MacKenzie Scott dengan nilai kekayaan bersih sebesar 38,8 miliar dollar AS.

Baca juga: Prajogo Pangestu Orang Terkaya di Indonesia, Hartanya Hampir Rp 600 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com