Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Commuter Line" Bandung Raya Hanya Beroperasi sampai Rancaekek

Kompas.com - 06/01/2024, 19:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter (KCI) masih memberlakukan rekayasa operasi pada Commuter Line Bandung Raya pada hari ini, Sabtu (6/1/2024).

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, saat ini pelayanan perjalanan Commuter Line Bandung Raya masih hanya melayani naik turun pengguna dari Stasiun Padalarang sampai Stasiun Rancaekek dari yang seharusnya sampai Stasiun Cicalengka.

Sementara untuk Commuter Line Garut, perjalanannya hanya melayani dari Stasiun Purwakarta hingga Stasiun Rancaekek.

Baca juga: KAI Pastikan Jalur KA di Cicalengka Sudah Bisa Dilalui Kereta Api

Kemudian di Stasiun Cicalengka, jalur kereta api yang digunakan untuk proses perjalanan kembali Commuter Line Bandung Raya untuk menuju Stasiun Padalarang masih terdapat KA material bekas kecelakaan kereta api sehingga pelayanan Commuter Line Bandung Raya belum bisa dilayani di stasiun ini.

"Pemberlakuan pola operasi tersebut masih dilakukan secara dinamis dengan melihat perkembangan di lintas," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/1/2024).

Dia menjelaskan, rekayasa operasi ini dilakukan meskipun jalur Haurpugur-Cicalengka mulai dapat dilewati kereta dengan kecepatan terbatas 20 kilometer per jam mulai pukul 06.30 WIB tadi.

Setelah sebelumnya di jalur ini terjadi kecelakaan KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya pada Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB.

Baca juga: Tabrakan KA Turangga-KA Bandung Raya, Pemerintah Dinilai Perlu Bangun Double Track

Anne bilang, hingga saat ini pun normalisasi jalur rel masih terus dilakukan untuk keandalan perjalanan kereta api.

"KAI Commuter mohon maaf untuk pembatalan pelayanan dan keterlambatan perjalanan Commuter Line Bandung Raya yang ditemui dalam perjalanan, sehubungan dengan kondisi jalur yang masih dalam proses normalisasi," ucapnya.

Sebagai informasi, Commuter Line Bandung Raya pada kondisi normal melayani naik dan turun penumpang di 13 stasiun, yaitu Padalarang, Gadobangkong, Cimahi, Cimindi, Ciroyom, Bandung, Cikudapateuh, Kiaracondong, Gedebage, Cimekar, Rancaekek, Haupugur, dan Cicalengka.

Baca juga: Menilik Urgensi Pembangunan Double Track Usai Kecelakaan KA di Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com