Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Seleksi CPNS, Kejaksaan RI Tetapkan 8.000 Peserta Lolos

Kompas.com - 09/01/2024, 12:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung Republik Indonesia (RI) telah mengumumkan hasil akhir Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)/Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2023. Hasilnya ada sekitar 8.000 putra-putri bangsa yang akan bergabung di Kejaksaan RI.

Penetapan hasil akhir seleksi tertuang dalam surat bernomor PENG-1/C/Cp.2/01/2024 mengenai Pengumuman Kelulusan Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dikeluarkan pada Jumat (5/1/2024) lalu.

Jaksa Agung Muda Pembinaan Bambang Sugeng Rukmono, yang juga Ketua Pansel CASN Kejaksaan RI TA 2023 mengatakan, para peserta yang dinyatakan lulus telah menjalani serangkaian proses seleksi yang ketat, transparan dan akuntabel.

"Kami berpesan kepada calon adhyaksa-adhyaksa muda ini untuk senantiasa menjunjung tinggi integritas dan moralitas pada setiap tugas, fungsi, serta wewenang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1/2024).

Baca juga: Pemerintah Buka 690.822 Formasi CPNS 2024 di Instansi Pusat dan Daerah

Adapun pengumuman hasil seleksi CASN dilakukan oleh berbagai lembaga pemerintah yang berlangsung mulai 5-12 Januari 2024. Lalu diberikan masa sanggah selama 13-15 Januari 2024 dan penetapan CPNS diusulkan dapat dilakukan pada 22 Februari-22 Maret 2024.

Bambang menuturkan, Kejaksaan RI menyampaikan hasil pengumuman di hari pertama guna memberikan kesempatan kepada masyarakat dan pelamar agar segera memperoleh informasi yang dibutuhkan terkait hasil seleksi tersebut.

Pada seleksi CASN periode ini Kejaksaan RI menempati posisi ketiga sebagai instansi dengan pelamar terbanyak, yakni mencapai 214.207 orang. Sementara jumlah pelamar untuk Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) mencapai 1.132 orang.

Hasil akhir seleksi pun menetapkan sebanyak 8.095 orang yang dinyatakan lolos. Terdiri dari 7.846 formasi pada penerimaan CPNS dan 249 formasi pada CPPPK Kejaksaan RI.

Baca juga: Rekrutmen CPNS 2024 Diutamakan Fresh Graduate

 


Bambang menilai, tingginya antusiasme masyarakat untuk ikut dalam seleksi CASN Kejaksaan RI tk lepas dari peran para jaksa di 33 wilayah Kejaksaan Tinggi dalam proses seleksi.

Selain itu, berkat dukungan berbagai lembaga pendidikan. seperti kampus dan sekolah menengah atas, yang ikut mendorong talenta-talenta terbaik untuk bergabung di Kejaksaan RI.

"Talenta-talenta baru di Kejaksaan ini akan menjadi aset yang sangat penting untuk penegakan hukum nasional demi terwujudnya Indonesia yang maju dan berkeadilan untuk semua lapisan masyarakat," tutup Bambang.

Sebagai informasi, para pelamar yang mengikuti seleksi CASN/CPNS dapat melihat pengumuman hasil akhir seleksi pada sejumlah tautan, baik yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN RI) maupun lembaga yang membuka seleksi seperti Kejaksaan RI.

Pelamar bisa melihat hasil seleksi pada laman https://sscasn.bkn.go.id, sementara jika melalui laman resmi Kejaksaan RI bisa dengan mengakses https://biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com